Pengaruh Pendekatan Ace (Activities, Class Discussion, Exercise) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Viii B Di Smp Negeri 1 Arjasa

Romlah Andaru Putri, Siti (2019) Pengaruh Pendekatan Ace (Activities, Class Discussion, Exercise) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Viii B Di Smp Negeri 1 Arjasa. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (444kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya karena adanya pemahaman konsep matematika siswa yang relatif rendah. Disebabkan karena pembelajaran yang diterapkan guru ialah dengan langsung memberikan rumus-rumus serta contoh-contoh yang berkaitan dengan materi yang diajarkan tanpa memberikan pemahaman konsep terlebih dahulu. Maka dengan adanya pemahaman konsep terdahulu siswa akan materi yang diajarkan, dan juga diperlukan suatu pendekatan dalam pembelajaran yaitu pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise). Masalah dalam penelitian ini adalah (1). Apakah ada pengaruh pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise) terhadap pemahaman konsep matematika siswa? (2). Seberapa besar pengaruh pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise) terhadap pemahaman konsep matematika siswa?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pelaksanan penelitian yaitu pada 15 s.d 21 juni 2019. Penelii mengguakan 2 pengumpulan data diantaranya, tes uraian dan dokumentasi. Istrumen yang digunakan adalah tes uraian. Tes tersebut diuji terlebih dahulu sebelum diterapkan ke siswa yaitu uji validitas, reliabilitas, daya, pembeda, dan tingkat kesukaran. Sedang untuk penganalisisan data yaitu uji prasyarat (uji Normalitas, linieritas regresi, dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh nilai sig nilai sig = 0,016, karena uji dua sisi, maka α –nya dibagi dua, sehingga nilai α = 0,05/2 = 0,025. Sehingga dapat dituliskan sig 0,016 ≤ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise) terhadap pemahaman konsep matematika siswa.dan besar pengaruh pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise) terhadap pemahaman konsep matematika siswa ialah sebesar 20,4% Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise) terhadap pemahaman konsep matematika siswa dan besarnya pengaruh pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise) terhadap pemahaman konsep matematika siswa ialah sebasar 20,4%. Kata Kunci:Pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise), Pemahaman Konsep Mtematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:54
Last Modified: 23 Nov 2020 02:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7001

Actions (login required)

View Item View Item