PENCANDRAAN DAN PENDATAAN TUMBUHAN LIANA PADA EKOSISTEM HUTAN DI KAWASAN SUKMA ELANG ARJASA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI
Okta Noerrian, Ardhina (2019) PENCANDRAAN DAN PENDATAAN TUMBUHAN LIANA PADA EKOSISTEM HUTAN DI KAWASAN SUKMA ELANG ARJASA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Artikel AON.pdf Download (152kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (107kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (209kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (112kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (130kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (144kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (389kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) |
|
Text
Lampiran 0.pdf Download (85kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
Abstract
Noerrian, Ardhina Okta. 2019. Pencandraan dan Pendataan Tumbuhan Liana
pada Ekosistem Hutan di Kawasan Sukma Elang Arjasa sebagai Sumber
Belajar Biologi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember.
Pembimbing: (1) Ir. Arief Noor Akhmadi, M.P. (2) Novy Eurika, S.Si.,
M.Pd.
Kata Kunci: Pencandraan, Pendataan, Tumbuhan Liana, Sumber Belajar
Biologi.
Pencandraan merupakan suatu teknik penggambaran sifat-sifat tumbuhan
dalam tulisan verbal yang dapat dilengkapi dengan gambar, habitat, dan manfaat
dari golongan tumbuhan yang dimaksud. Pendataan merupakan kegiatan mencatat
dan memasukkan data ke dalam sebuah catatan. Tumbuhan Liana adalah
tumbuhan yang pertumbuhannya memerlukan tumbuhan lain yang lebih tinggi
agar mendapatkan cahaya matahari.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pencandraan dan pendataan
tumbuhan liana yang berpotensi sebagai sumber belajar Biologi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pencandraan dan pendataan tumbuhan liana yang
manfaatnya dianalisis sebagai sumber belajar Biologi. Penelitian ini dilakukan di
kaki Pegunungan Argopuro, Kawasan Sukma Elang, Kecamatan Arjasa,
Kabupaten Jember.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik
stratified random sampling dan metode garis berpetak. Penempatan petak dibagi
ke dalam 3 stasiun. Teknik pengumpulan data melalui observasi, mencandra,
dokumentasi, dan mendata tumbuhan liana. Instrumen dalam peneltian ini adalah
tumbuhan liana yang bermanfaat dan instrumen pendukung. Teknik analisis data
adalah mendeskripsikan tumbuhan hasil dari mencandra dan mendata dengan cara
mencari indeks nilai penting dan mengetahui faktor abiotik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut ditemukan sebanyak 9 ordo, 10
family, 14 genus, dan 15 spesies, diantaranya Bougainvillea spectabilis,
Centrosema pubescens, Cucurbita moschata Durch, Dioscorea bulbifera,
Dioscorea hispida Deenst, Flagellaria indica, Hoya latifolia,Luffa acutangula
(L.) Roxb, Mikania micrantha, Passiflora edulis, Piper betle, Phaseolus lunatus,
Psophocarpus tetragonolobus L., Sechium edule (Jacq.) Sw., dan Smilax
leucophylla. Tumbuhan liana yang dominan adalah Phaseolus lunatus (Koro)
dengan jumlah 105 spesies dengan indeks nilai penting tertinggi yaitu 24,09%,
sedangkan yang terendah adalah Bougainvillea spectabilis(Bugenvil) dengan
presentase sebesar 4,03%. Faktor abiotik sangat berpengaruh terhadap
pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan diantaranya pH 4,27, suhu 26,26ºC,
kelembapan udara 68,57%, dan intensitas cahaya 110,12 lux. Analisis sebagai
sumber belajar dilakukan dengan menggunakan kurikulum 2013 revisi. Hasil
analisis diketahui bahwa penelitian ini dapat dijadikan sumber belajar Biologi
dalam Kompetensi Dasar 3.8 pada mata pelajaran Biologi di SMA/ MA Kelas X.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKUNSPECIFIEDNoor Akhmadi, Ariefnidn#UNSPECIFIEDEurika, Novynidn0014117901
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Nov 2020 03:06 |
Last Modified: | 23 Nov 2020 03:06 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7004 |
Actions (login required)
View Item |