Pengembangan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Aplikasi Hot Potatoes Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 1 JemberPengembangan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Aplikasi Hot Potatoes Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 1 Jember

Okta Rosanti, Yolanda (2019) Pengembangan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Aplikasi Hot Potatoes Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 1 JemberPengembangan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Aplikasi Hot Potatoes Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (291kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (634kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang dari Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi dari guru mata pelajaran SMP Muhammadiyah 1 Jember yang menyatakan bahwa selama pembelajaran materi aritmatika sosial guru tidak pernah mengaitkan kearifan lokal dan hanya fokus pada pemahaman konsep pemahaman rumus aritmatika sosial saja bahkan belum pernah yang berkaitan dengan kearifan lokal baik dalam evaluasi pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini bagaimana proses dan hasil pengembangan soal cerita materi aritmatika sosial berbasis kearifan lokal berbantuan aplikasi Hot Potatoes pada siswa SMP kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Jember. Terdapat tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui proses dan hasil dari penelitian pengembangan soal cerita materi aritmatika sosial berbasis kearifan lokal berbantuan aplikasi Hot Potatoes pada siswa SMP kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Jember Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan 2 jenis penelitian yakni penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualititatif yakni untuk menganalisis hasil dari validasi validator dan untuk penelitian kuantitatif yang menghitung hasil dari uji lapangan dengan menggunakan spss. Ada beberapa yang dihitung menggunakan aplikasi spss yakni diantara adalah menghitung ke validan soal, tingkat kesurakan, daya pembeda dan reabilitas. Selain itu ada beberapa yang menggunakan Microsoft excel yakni menghitung angket respon siswa serta hasil tes peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian 4D (Define, Design, Develop, Dissemination) dari Thiagrajan. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data diantaranya yakni, dokumentasi, observasi dan tes. Instrument pengumpulan data yang digunakan yakni soal tes dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari uji lapangan pengembangan soal cerita materi aritmatika sosial berbasis kearifan lokal berbantuan aplikasi Hot Potatoes yakni Hot Potatoes yang dikembangkan ini telah dinyatakan valid dengan rata-rata penilaian ahli (validator) sebesar 4,31, praktis dengan rata-rata persentase respon peserta didik sebesar 70,85% dengan interpretasi baik, dan efektif dengan persentase tingkat penguasaan peserta didik sebesar 83%. Sehingga pengembangan soal berbantuan aplikasi Hot Potatoes ini sudah memenuhi tiga kriteria penilaian yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan kualitas produk yang diungkapkan oleh Nieveen (Hobri, 2010, hal. 27). Simpulan dari penelitian ini adalah Pengembangan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Aplikasi Hot Potatoes yakni bahwa soal yang dikemabangkan berbasis kearifan lokal diambil dari beberapa unsur budaya yang ada di Jember. Kata Kunci: Soal Cerita, Aritmatikan Sosial, Kearifan Lokal, Hot Potatoes

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 23 Nov 2020 05:41
Last Modified: 23 Nov 2020 05:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7019

Actions (login required)

View Item View Item