Peran Guru Dalam Mengenalkan Makanan Bergizi Pada Anak Di Kelompok B-3 Tk Aba 4 Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018-2019



Retno Winarti, Dyah (2019) Peran Guru Dalam Mengenalkan Makanan Bergizi Pada Anak Di Kelompok B-3 Tk Aba 4 Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (921kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (892kB)

Abstract

Peran guru digunakan dalam mengenalkan makanan bergizi pada anak, karena melalui peran guru anak mampu membedakan makanan bergizi dan makanan yang tidak bergizi.
Masalah penelitian yang ingin dipecahkan adalah bagaimanakah peran guru dalam mengenalkan makanan bergizi pada anak di kelompok B-3 TK ABA 4 Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018-2019.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengenalkan makanan bergizi pada anak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2019 pada siswa kelompok B-3 TK ABA 4 Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018-2019.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa saat kegiatan makan bekal, hasil wawancara dengan guru kelompok B-3 dan walimurid.
Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa melalui peran guru dapat mengenalkan makanan bergizi pada anak secara klasikal, dari 18 anak terdapat 15 anak yang mampu menunjukkan dan membedakan makanan bergizi dan makanan yang tidak bergizi dan 3 anak yang belum mampu membedakan makanan bergizi dan makanan yang tidak bergizi. Hal ini berarti melalui peran guru dalam mengenalkan makanan bergizi, anak mampu membedakan makanan bergizi dan makanan yang tidak bergizi yang sepenuhnya didukung oleh walimurid kelompok B-3 TK ABA 4 Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Kata Kunci : peran guru, makanan bergizi.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Endang Jatmikowati, Tri
nidn0029125901
UNSPECIFIED
Unedia Rachman, Angraeny
nidn#

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 24 Nov 2020 01:57
Last Modified: 24 Nov 2020 01:57
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7027

Actions (login required)

View Item View Item