PENGEMBANGAN MODUL SEBAGAI BHAN AJAR MATERI TUMBUHAN LUMUT (Bryophyta) PADA KELAS X DI SMA

Agustina Arifani, Mega (2019) PENGEMBANGAN MODUL SEBAGAI BHAN AJAR MATERI TUMBUHAN LUMUT (Bryophyta) PADA KELAS X DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (286kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Arifani, Mega Agustina, 2019. Pengembangan Modul Sebagai Bahan Ajar Materi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Pada SMA Kelas X di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing : (1) Novy Eurika (2) Ir. Elfien Herrianto, MP Kata Kunci : Modul, Bahan Ajar, Tumbuhan Lumut Berdasarkan hasil dari analisis kebutuhan yang dilakukan pada tiga sekolah di kabupaten Bondowoso yakni didapatkan informasi bahwa bahan ajar yang digunakan siswa dalam menunjang pembelajaran adalah buku paket dan LKS serta belum menggunakan bahan ajar yang bervariasi seperti modul. Menurut siswa kelas X IPA pada tiga sekolah mereka masih merasa kesulitan dalam menggunakan LKS dan buku Paket dikarenakan isi disalam buku paket atau LKS seringkali masih terdapat kalimat-kalimat yang tidak bisa dipahami serta materi yang cenderung kurang lengkap dan soal latihan juga sedikit. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan bahan ajar berupa modul sebagai bahan ajar biologi untuk siswa kelas X IPA pada materi Tumbuhan Lumut (Bryophyta). Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kevalidan/kelayakan serta mengetahui respon siswa/uji keterbacaan dalam perorangan atau skala terbatas pada pengembangan modul sebagai bahan ajar materi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) pada kelas X di SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian dan pengembangan ini mengacu pada pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design) , pengembangan (develop ) dan penyebaran (desseminate), namun pengembangan ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Penilaian uji validasi ahli dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan calon pengguna, sedangkan uji coba terbatas melibatkan subjek uji coba siswa sebanyak 10 orang siswa kelas XI IPA SMAN 01 Tapen. Hasil analisis skor rata-rata penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa serta ahli pengguna guru biologi di SMA skor nilai rata-rata keseluruahan 71,5% dengan kriteria valid, untuk nalisis uji coba terbatas terhadap 10 siswa SMA skor nilai rata-rata 91% dengan kriteria sangat bagus. Berdasarkan kriteria kevalidan menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan memiliki interpretasi valid secara keseluruhan serta dapat digunakan dengan revisi kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDEurika, Novynidn0014117901
UNSPECIFIEDHerrianto, Elfiennidn#
Date Deposited: 24 Nov 2020 02:08
Last Modified: 24 Nov 2020 02:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7031

Actions (login required)

View Item View Item