PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI MAN 1 Jember)
Jaya, Sri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI MAN 1 Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
JURNAL PENELITIAN.pdf Download (265kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
|
Text
COVER DEPAN.pdf Download (173kB) |
|
Text
AWALAN.pdf Download (294kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (256kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (179kB) |
|
Text
Lampiran 1 Matrik Penelitian.pdf Download (304kB) |
Abstract
Jaya, Sri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Teknik
Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar
Kognitif Siswa (Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI MAN
1 Jember). Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember.
Pembimbing: (1) Novy Eurika, S.Si, M.Pd. (2) Aulya Nanda Prafitasari,
M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Teknik Mind
Mapping, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif.
Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan penyempurnaan pola pikir.
Tantangan kurikulum 2013 adalah peserta didik harus mampu berpikir kritis dan
hasil belajar kognitif harus mencapai kriteria ketuntasan minimal yang sudah
ditetapkan oleh sekolah. Salah satu strategi yang dapat mendorong peserta didik
dapat berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mencapai KKM adalah dengan
menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan teknik Mind
Mapping.
Masalah dalam penelitian ini adalah 1. Apakah model pembelajaran
Think Pair Share dengan teknik Mind Mapping berpengaruh terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa, 2. Apakah model pembelajaran Think Pair
Share dengan teknik Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif
siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh dari model
pembelajaran Think Pair Share dengan teknik Mind Mapping terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa, 2. Untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Think Pair Share dengan teknik Mind Mapping terhadap hasil
belajar kognitif siswa.
Jenis penelitian adalah quassi eskperiment atau eskperimen semu.
Penelitian ini menggunakan rancangan Two Group Pretest – Posttest Design yang
terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI BIC 2 putri sebagai kelas eksperimen dan
kelas XI BIC 1 putra sebagai kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan pada semester
genap tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam
penelitian ini yaitu: tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analis kruskal wallis dengan
tingkat kepercayaan α=0,05.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan berpikir
kritis pada pretest kelas kontrol 74,09 dan kelas eksperimen 73,92. Sedangkan
posttest kelas kontrol 85,52 dan kelas eksperimen 87,52. Pada hasil belajar
kognitif rata-rata pretest kelas kontrol 66,52 dan kelas eksperimen 65,8.
Sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol 81,04 dan kelas eksperimen 86,12. Ada
dua hipotesis yang diuji, dari hipotesis pertama bahwa ada pengaruh model
pembelajaran Think Pair Share dengan teknik Mind Mapping terhadap
kemampuan berpikri kritis. Dari uji hipotesis kedua bahwa ada pengaruh model
pembelajaran Think Pair Share dengan teknik Mind Mapping terhadap hasil
belajar kognitif.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKUNSPECIFIEDEurika, Novynidn0014117901
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 03:18 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 03:18 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7044 |
Actions (login required)
View Item |