PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI MAN 1 Jember)

Jaya, Sri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI MAN 1 Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
COVER DEPAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Lampiran 1 Matrik Penelitian.pdf

Download (304kB)

Abstract

Jaya, Sri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Teknik Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa (Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI MAN 1 Jember). Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Novy Eurika, S.Si, M.Pd. (2) Aulya Nanda Prafitasari, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Teknik Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif. Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan penyempurnaan pola pikir. Tantangan kurikulum 2013 adalah peserta didik harus mampu berpikir kritis dan hasil belajar kognitif harus mencapai kriteria ketuntasan minimal yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Salah satu strategi yang dapat mendorong peserta didik dapat berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mencapai KKM adalah dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan teknik Mind Mapping. Masalah dalam penelitian ini adalah 1. Apakah model pembelajaran Think Pair Share dengan teknik Mind Mapping berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, 2. Apakah model pembelajaran Think Pair Share dengan teknik Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Think Pair Share dengan teknik Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, 2. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan teknik Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian adalah quassi eskperiment atau eskperimen semu. Penelitian ini menggunakan rancangan Two Group Pretest – Posttest Design yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI BIC 2 putri sebagai kelas eksperimen dan kelas XI BIC 1 putra sebagai kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analis kruskal wallis dengan tingkat kepercayaan α=0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis pada pretest kelas kontrol 74,09 dan kelas eksperimen 73,92. Sedangkan posttest kelas kontrol 85,52 dan kelas eksperimen 87,52. Pada hasil belajar kognitif rata-rata pretest kelas kontrol 66,52 dan kelas eksperimen 65,8. Sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol 81,04 dan kelas eksperimen 86,12. Ada dua hipotesis yang diuji, dari hipotesis pertama bahwa ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan teknik Mind Mapping terhadap kemampuan berpikri kritis. Dari uji hipotesis kedua bahwa ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan teknik Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:18
Last Modified: 25 Nov 2020 03:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7044

Actions (login required)

View Item View Item