PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 TAPEN DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING



ARISETIA WIJAYANTO, NURCHOLIS (2019) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 TAPEN DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of JURNAL.pdf] Text
JURNAL.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (502kB)

Abstract

Nurcholis Arisetia Wijayanto, NIM 17.2041.2021. Program Studi Magister
Manajemen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jember, Mei 2019,
Pengaruh Profesionalisme Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi
dan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Tapen dengan Motivasi sebagai
Variabel Intervening. Dosen Penguji: Dr. Rusgianto, MM. Dosen
Pembimbing: Dr. Toni Herlambang, MM dan Dr. Hanafi, M.Pd.

Prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai dari usaha belajar siswa
yang berupa penguasaan pengetahuan dan keterampilan terhadap materi tertentu
yang dinyatakan dalam bentuka angka, huruf maupun kalimat. Tinggi rendahnya
prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor internal
maupun faktor eksternal. Dalam penelitian ini faktor internalnya adalah motivasi
belajar siswa, sedangkan faktor eksternalnya adalah profesionalisme guru dan
fasilitas belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh
profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa. (2) mengetahui ada tidaknya
pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. (3) mengetahui ada
tidaknya pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa. (4)
mengetahui ada tidaknya pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar
siswa. (5) mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi
belajar siswa. (6) mengetahui ada tidaknya pengaruh tidak langsung
profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar
siswa. (7) mengetahui ada tidaknya pengaruh tidak langsung fasilitas belajar
terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Tapen Kabupaten
Bondowoso T.A 2018-2019 dengan sampel berjumlah 52 siswa menggunakan
teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural
Equation Modeling dengan software WarpPLS 6.0.
Hasil penelitian ini yang didasarkan pada penyebaran kuisioner terhadap
52 siswa menunjukkan bahwa: (1) Profesionalisme guru berpengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar siswa. (2) Fasilitas belajar berpengaruh positif
namun tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa. (3) Profesionalisme guru
berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. (4) Fasilitas
belajar berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap motivasi belajar
siswa. (5) Motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap
prestasi belajar siswa. (6) Secara tidak langsung profesionalisme guru
berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa melalui
motivasi belajar. (7) Secara tidak langsung fasilitas belajar berpengaruh positif
namun tidak signifikan terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar.

Kata kunci: Profesioanalisme guru, fasilitas belajar, motivasi dan prestasi belajar
siswa.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
-, -
nidn#

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 335 Socialism and Related Systems
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 01 Dec 2020 02:25
Last Modified: 01 Dec 2020 02:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7098

Actions (login required)

View Item View Item