ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA C4.5 DAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN REKOMENDASI PENJUALAN ONLINE RETAIL

Rusdi, Moh. Irfan (2019) ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA C4.5 DAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN REKOMENDASI PENJUALAN ONLINE RETAIL. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (478kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Online retail adalah suatu bentuk perdagangan elektronik yang memungkinkan konsumen untuk langsung membeli barang atau jasa dari seorang penjual melalui internet tanpa jasa perantara. Kemudahan yang disediakan oleh Online Retail mempengaruhi pola masyarakat dalam penggunaan toko online untuk pembelian produk. Maka perlu adanya analisa data untuk mengklasifikasikan data rekomendasi penjualan produk baju menggunakan algoritma Decicion Tree dan Naïve Bayes untuk membandingakan akurasi dan presisi dimana menjadi tolak ukur dalam penelitian ini. Untuk mendapatkan nilai akurasi dan presisi perlu menggunakan teknik uji Cross Validation dimana teknik uji ini membagi data training dan data testing yang bertujuan untuk meminimalisir nilai akurasi dari faktor kebetulan. Setelah dilakukan pengujian dengan teknik Cross fold Validation dengan jumlah K-fold 2, 5 dan 10 dari algoritma C4.5 dan Naïve Bayes sama-sama mendapat nilai tertinggi pada 10-fold Validation metode uji data imbang pada skenario ke-8. Algoritma C4.5 mendapat nilai akurasi sebesar 72,00% dan presisi 75,00% sedangkan algoritma Naïve Bayes mendapat nilai akurasi sebesar 72,00% dan presisi 84,62%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua algoritma samasama sangat akurat dan konsisten dalam penentuan rekomendasi penjualan produk Online Retail. Kata Kunci: Online Retail, C4.5, Naïve Bayes, K-fold Cross Validation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 04 Dec 2020 03:04
Last Modified: 04 Dec 2020 03:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7154

Actions (login required)

View Item View Item