AUDIT SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN STANDART COBIT 4.1 PADA PERSPEKTIF PELANGGAN DI RSUD BALUNG

Herliana Mulindahwati, Richa (2019) AUDIT SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN STANDART COBIT 4.1 PADA PERSPEKTIF PELANGGAN DI RSUD BALUNG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (326kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (907kB)

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balung merupakan salah satu instansi milik pemerintah yang bergerak pada bidang kesehatan dengan tujuan utamanya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Penerapan sistem informasi di RSUD Balung bertujuan untuk mempermudah dalam proses pemasukan data. Agar kinerja sistem informasi dapat berjalan sesuai dengan perencanaan dan dengan tujuan bisnis rumah sakit, maka rumah sakit membutuhkan pengukuran untuk mengetahui sejauh mana tingkat kematangan dari kinerja sistem informasi tersebut. Terjadinya eror sistem merupakan insiden yang sering terjadi, serta ketika terjadi masalah baru penanganan yang berakibat proses bisnis instansi tidak menjamin keberhasilan hubungan antara proses IT dan tujuan bisnis di instansi. Penelitian ini untuk mengevaluasi tata kelola IT khususnya pada perspektif pelanggan. Tingkat pelayanan pelanggan di RSUD Balung, Jember dinilai masih kurang dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kematangan sistem masih berada pada level 2 (Repeatable Level) dimana semua proses sudah menetapkan implementasi kebijakan tetapi perlu ditingkatkan. Kondisi yang diharapkan pada domain PO8, AI6, DS1, DS4 dan DS10 yaitu berada pada level 4 (Managed and Measurable). Perbaikan dilakukan secara bertahap berdasarkan pada kerangka kerja COBIT 4.1 yang menghasilkan 46 rekomendasi dengan nilai presisi untuk rekomendasi yang disetujui sebesar 83,48%. Kata Kunci: Audit, Tingkat Kematangan, COBIT 4.1, Perspektif Pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 08 Dec 2020 01:50
Last Modified: 08 Dec 2020 01:50
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7190

Actions (login required)

View Item View Item