Analisis Pemasaran Usahatani Buah Naga Di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi

Putri Kinanthi, Wahyuning (2019) Analisis Pemasaran Usahatani Buah Naga Di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (802kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] Text
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Buah Naga adalah buah yang banyak dikembangkan di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengukur keuntungan usaha tani buah naga menurut saluran pemasaran yang digunakan di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. (2) Mengetahui berapa macam pola saluran pemasaran buah naga di Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. (3) Menganalisis besar biaya, keuntungan dan margin pemasaran buah naga di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi (4) Mengetahui saluran pemasaran buah naga yang mempunyai efisiensi paling tinggi di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. dan survey dengan lokasi penelitian dipilih secara sengaja, yaitu di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode Propotiontel sampling. Pengambilan sampel responden lembaga pemasaran ditentukan dengan metode Snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Analisis data menggunakan analisis keuntungan, margin pemasaran dan farmer’s share. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) rata – rata keuntungan usaha tani buah naga pada saluran pemasaran I sebesar Rp. 74.988.983 pada saluran pemasaran II sebesar Rp. 85.269.053 dan saluran pemasaran III sebesar Rp. 73.510.531, (2) terdapat 3 pola saluran pemasaran di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi, saluran tersebut antara lain : SP I = Petani – Pedagang Pengecer (10%) SP II = Petani – Pedagang Pengepul – Pedagang Pengecer (22,50%) SP III = Petani - Pedagang Pengepul – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer (67,50%). (3) keuntungan pemasaran pada setiap saluran yaitu sebesar : SP I = Grade A sebesar Rp. 1.484,-/kg, grade B Rp. 1.196,-/kg dan grade C Rp. 1.212,-/kg. SP II = Grade A sebesar Rp. 1.743,-/kg, grade B Rp. 1.442,-/kg dan grade C Rp. 1.000,-/kg. SP III = Grade A sebesar Rp. 2.848,-/kg, grade B Rp. 2.841,-/kg dan grade C Rp. 1.810,-/kg. (4) saluran pemasaran yang paling efisien untuk grade A yaitu saluran pemasaran II, dengan nilai farmer’s share sebesar 72,62%, untuk grade B dan C saluran pemasaran yang paling efisien yaitu saluran I, dengan nilai farmer’s share sebesar 74,33% dan 67,54 %. Kata Kunci: Efisiensi pemasaran, farmer’s share, keuntungan pemasaran, margin pemasaran, saluran pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agrotechnology (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 08 Dec 2020 02:54
Last Modified: 08 Dec 2020 02:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7205

Actions (login required)

View Item View Item