Salim, Noor (2011) Kajian Manajemen Parkir Kendaraan Bermotor Roda Dua (Studi Kasus di kampus Universitas Muhammadiyah Jember). Jurnal Ektasi, 8 (1). pp. 50-69. ISSN 1829-5444
|
Text
Kajian Manajemen Parkir Kendaraan Bermotor Roda Dua (Studi Kasus di Kampus Universitas Muhammadiyah Jember).pdf Download (812kB) | Preview |
Abstract
Meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor roda dua meningkatkan pula kebutuhan parkir. Dipihak lain ruang untuk tempat parkir semakin berkurang. Berkenaan dengan hal tersebut di atas diperlukan manajemen perpakiran untuk memberikan solusi secara menyeluruh. Untuk hal tersebut diatas maka dalam studi ini akan menkaji berkenaan dengan manajemen parkir kendaraan bermotor roda dua dengan studi kasus di kampus Universitas Muhammadiyah Jember yang khusus berada di Gedung B. Dari hasil penelitian menunjukkan karakteristik parkir sebagai berikut : akumulasi parkir yang terjadi sebesar 244 kendaraan, volume kendaraan maksimum sebesar 859 kendaraan, durasi parkir rata-rata adalah 80-90 menit, Angka pergantian parkir (Turnover) rata-rata berkisar 1,20 kendaraan perpetak parkir dan. Indeks parkir tertinggi sebesar 34,13%, dengan nilai indeks parkir rata-rata 30,26% menunjukkan bahwa kapasitas ruang parkir yang tersedia masih sangat mencukupi untuk kebutuhan saat ini. Kebutuhan ruang parkir roda dua di gedung B sebesar 244 kendaraan masih dapat dipenuhi dengan kapasitas ruang parkir yang tersedia saat ini yaitu sebesar 715 kendaraan. Dengan hasil prediksi akumulasi jumlah mahasiswa di gedung B pada tahun 2015 sebesar 7550 mahasiswa, maka prediksi Kebutuhan (SRP) untuk 5 (lima) tahun mendatang sebesar 151 ruang parkir. Dari ruang parkir yang tersedia saat ini, yaitu sebesar 715 ruang parkir masih sangat mencukupi untuk kebutuhan hingga tahun 2015. Area parkir belakang gedung dengan kapasitas sebesar 438 kendaraaan, nilai tingkat pergantian parkirnya (turnover) rata-rata sebesar 1,71 dan indeksparkir rata-rata sebesar 49,39% diprediksi masih sangat mencukupi untuk kebutuhan parkir saat ini hingga 5 tahun mendatang. Alternatif manajemen parkir yang dapat diterapkan yaitu perlu adanya pembuatan garis marka, pengaturan nomor polisi ganjil-genap, dan penerapan sistem parkir Two in One. Sistem cek STNK pada pintu keluar sudah bagus mungkin perlu ditambahkan pemberian karcis parkir per kendaraan untuk lebih memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna parkir.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Noor Salim (0021016301) |
Uncontrolled Keywords: | Karakteristik, Kebutuhan Ruang, dan Manajemen Parkir |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Hendri UF |
Date Deposited: | 10 Sep 2018 08:02 |
Last Modified: | 27 Sep 2018 02:54 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/722 |
Actions (login required)
View Item |