Bagus, Priambodo Raharjo (2020) STUDI PERBANDINGAN GELAGAR JEMBATAN BAJA TAMAN SENGKALING DAN MENGGUNAKAN GELAGAR BETON PRATEGANG (Studi Kasus : Pekerjaan Jembatan Taman Sengkaling Universitas Muhammadiyah Malang). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
a. PENDAHULUAN.pdf Download (794kB) |
|
Text
b. ABSTRAC.pdf Download (384kB) |
|
Text
c. BAB I.pdf Download (394kB) |
|
Text
d. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
e. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
|
Text
f. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
g. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
|
Text
i. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
|
Text
j. Artikel.pdf Download (734kB) |
Abstract
Jembatan adalah suatu kontruksi yang berfungsi untuk meneruskan jalan melalui jalan lain (jalan air atau jalan lalu lintas biasa). Perkembangan transportasi yang semakin erat kaitannya dengan pembangunan. Baik berupa pembangunan jalan maupun jembatan yang berfungsi untuk memperlancar arus kendaraan sehingga tercipta efisiensi waktu dalam beraktifitas. Penggunaan jembatan konstruksi beton prategang (prestressed) semakin banyak dipergunakan, karena jembatan ini memberikan kemudahan dalam pelaksanaannya dan memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan jembatan beton yang lain. Hal ini dikarenakan berat baja prategang jauh lebih kecil dibandingkan jumlah berat besi beton biasa, dan juga tidak lepas dari keberhasilan beton mutu tinggi ( c’ ≥ 40 MPa) dan baja mutu tinggi yang memiliki y ≥ 1000 MPa. Dengan demikian tujuan pokok yang menekankan segi optimalisasi dan segi efisiensi guna mencapai nilai fungsional yang tinggi bisa tercapai. Salah satu contoh dari jembatan yang akan ditinjau menggunakan beton prategang merupakan jembatan di ruas jalan sengkaling Universitas Muhammadiyah Malang dengan bentang 30 m. Lebar perkerasan lalu-lintas dari jembatan ini 10 m. Berdasarkan peninjauan yang dilaksanakan pada jembatan Taman Sengkaling, maka melakukan kontrol ulang penulangan jembatan Taman Sengkaling dengan menggunak an beton prategang dan juga memperhitungkan optimalisasi biaya gelagar jembatan. Untuk mengetahui perencanaan jembatan konstruksi beton prategang (prestessed) yang benar diperlukan perencanaan perhitungan yang mengacu pada standart yang ada. Sehingga diharapkan akan mendapatkan gambaran yang jelas dan dapat memahami garis besar dari suatu perencanaan jembatan. Dan juga melakukan peninjauan terhadap biaya gelagar agar menjadi perbandingan dari segi pembiayan terhadap gelagar baja dan gelagar beton prategang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Baja, Beton, Jembatan , prestressed, Taman Sengkaling | ||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering | ||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) | ||||||
Department: | S1 Teknik Sipil | ||||||
Depositing User: | raharjo bagus priambodo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Contact Email Address: | bpraharjo26@gmail.com | ||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2020 02:05 | ||||||
Last Modified: | 12 Dec 2020 02:08 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7286 |
Actions (login required)
View Item |