Analisis Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persegi Panjang

Hasanah, Siti Uswatun (2020) Analisis Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persegi Panjang. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (249kB)
[img] Text
c. Bab I.pdf

Download (502kB)
[img] Text
d. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
H. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
i. Daftar Rujukan.pdf

Download (263kB)
[img] Text
j. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penalaran matematis adalah salah satu kemampuan matematika yang harus dimiliki oleh siswa. Siswa yang mempunyai kemampuan penalaran matematis yang baik akan memudahkan dalam menganalisis untuk memahami suatu konsep dalam matematika. Pada materi bangun datar persegi panjang, siswa harus bisa dalam menganalisis untuk memahami konsep terutama dalam konsep luas daerah persegi panjang. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penalaran Matematis siswa menyelesaikan soal Persegi Panjang?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa menyelesaikan soal persegi panjang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di kelas 4C SD Al Baitul Amien Jember. Penelitian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data dan diantaranya yaitu lembar catatan siswa dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar catatan siswa, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa siswa dapat menemukan 3 benda yang permukaannya berbentuk persegi panjang, memberikan fakta-fakta, menuliskan ciri-ciri, memeriksa awal kebenarannya, menempel persegi satuan pada persegi panjang sampai menutupi seluruh permukaannya, memberikan penomoran pada persegi satuan, mengumpamakan bagian panjang dan lebarnya, dan menemukan konsep luas daerah persegi panjang. Tetapi siswa tidak memberikan penjelasan kesimpulan akhir pada lembar jawabannya. Simpulan dalam penelitian ini adalah siswa telah mengikuti arahan sesuai dengan langkah pada indikator penalaran matematis. Hanya saja siswa tidak memberikan penjelasan mengenai kesimpulan akhir pada lembar catatannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penalaran Matematis, Persegi Panjang
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hasanah Siti Uswatun
Date Deposited: 14 Dec 2020 01:32
Last Modified: 14 Dec 2020 01:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7297

Actions (login required)

View Item View Item