Sebaran Geografis Kejadian Kusta dan Faktor Determinan yang Mempengaruhi Tingginya Kejadian Kusta di Kecamatan Sumberbaru

Handayani, Luh Titi (2014) Sebaran Geografis Kejadian Kusta dan Faktor Determinan yang Mempengaruhi Tingginya Kejadian Kusta di Kecamatan Sumberbaru. In: Seminar Nasional dengan tema “Pembangunan Nasional Berbasis Teknologi dan Sumber Daya Lokal”, 19 Agustus 2014, Jember.

[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kusta merupakan penyakit menular yang dapat menyebabkan tingginya kasus karena sifat penularanya yang kronis melalui beberapa media yang dapat menyebar ke setiap orang. Angka kejadian kusta tidak kunjung surut namun justru mengalami peningkatan. Tujuan penelitian adalah:(1) mengidentifikasi sebaran kejadian kusta di Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember dengan desa sebagai unit analisis; (2) menganalisi faktor yang berpengaruh terhadap kejadian kusta di Kecamatan Sumberbaru dan wilayah kerja Puskesmas Sumberbaru Kabupaten Jember; Metode survey dengan pendekatan cross sectional , baik terhadap data sekunder maupun primer yang di perloleh dari kuesioner dan kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah penderita kusta di Wilayah kerja Puskesmas Sumberbaru sebanyak 28 orang yang tersebar dalam 6 desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada kecenderungan penyebaran kusta berfluktuasi antar desa ; (2) tingginya angka penderita kusta di kecamatan Sumberbaru disebabkan oleh: (a) rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM) (b) faktor kemiskinan yang berpengaruh terhadap pola hidup bersih dan sehat (PHBS), status gizi dan kepadatan rumah ; (c) kurang atau belum dipahaminya arti penting kebersihan lingkungan dan kurang dikenalnya tanda dan bahaya kusta oleh sebagian besar masyarakat ekonomi bawah (3) tingginya angka penderita di Puskesmas Sumberbaru disebabkan oleh (a) keterlambatan untuk melakukan pengobatan secara dini yang disebabkan rasa malu yang berlebihan para penderita dan keluarganya; (b)tidak melakukan regimen terapi secara efektif dalam pengobatan yang relatif lama dan terus menerus.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: sebaran geografi, pasien lepra, Puskesmas Sumberbaru
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 611 Human Anatomy, Cytology, Histology
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 13 Sep 2018 03:26
Last Modified: 13 Sep 2018 03:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/732

Actions (login required)

View Item View Item