Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan Rawat Inap Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember Berdasarkan Analisis Experiential Marketing

Supriyadi, Supriyadi (2014) Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan Rawat Inap Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember Berdasarkan Analisis Experiential Marketing. In: Seminar Nasional dengan tema “Pembangunan Nasional Berbasis Teknologi dan Sumber Daya Lokal”, 19 Agustus 2014, Jember.

[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) faktor Puskesmas (tempat parkir, tarif pelayanan, alur pelayanan, fasilitas rawat inap dan SDM, (2) pengalaman pasien ruang rawat inap, (3) relate pasien ruang rawat inap terhadap Puskesmas, (4) pengaruh sense, feel, think, dan act terhadap relate pasien di ruang rawat inap dengan experiental marketing. Jenis dan rancang bangun penelitian ini adalah penelitian survei dan observasional. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan belum efisiennya pencapaian nilai BOR di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember, kemudian disusun suatu saran dalam upaya untuk meningkatkan pemanfaatan instalasi rawat inap di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember. Pengumpulan data dilakukan secara cross sectional yang berarti pengukuran faktor bebas dan faktor terkait pada penelitian ini dilakukan pada saat bersamaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (a) konsumen pengguna ruang rawat inap di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember adalah mayoritas responden kelompok umur produktif, laki-laki, petani, tingkat ekonomi rendah, dan pengguna kartu jamkesda atau jamkesmas. (b) faktor Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember yang meliputi: kondisi tempat parkir kurang luas, arif pelayanan, adanya alur pelayanan rawat inap yang ada di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember sudah sesuai prosedur atau standar yang ada, kondisi fisik ruang perawatan belum standar, keterampilan SDM sudah memenuhi standar. (c) sebagaian besar indikator akses dan proses pelayanan di Puskesmas Sumbersari. (d) pelayanan rawat inap sebesar 77%. (e) ada pengaruh dari sense, feel, think, dan act terhadap relate terhadap ruang rawat inap.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: peningkatan loyalitas pelanggan; puskesmas; experiental marketing
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 611 Human Anatomy, Cytology, Histology
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 13 Sep 2018 03:33
Last Modified: 13 Sep 2018 03:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item View Item