Analisis Perbedaan Kualitas Hidup Lanjut Usia di PSLU Kasiyan dan di Desa Mayang Berdasarkan Pengembangan Precede Proceed Model

Asih, Susi Wahyuning (2014) Analisis Perbedaan Kualitas Hidup Lanjut Usia di PSLU Kasiyan dan di Desa Mayang Berdasarkan Pengembangan Precede Proceed Model. In: Seminar Nasional dengan tema “Pembangunan Nasional Berbasis Teknologi dan Sumber Daya Lokal”, 19 Agustus 2014, Jember.

[img]
Preview
Text
PEER REVIEW 1-min.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PEER REVIEW 2-min.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SIMILIRITY-min.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya harapan hidup lansia di Indonesia telah mampu meningkatkan perhatian terhadap kesehatan lansia dan kesehatan dan juga untuk semua upaya untuk mencapai itu. Sukses penuaan menjadi tujuan perawatan lansia ini. Inti dari sukses penuaan proccess termasuk kebugaran fisik, kesehatan psikis dan juga partisipasi sosial. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan kualitas hidup lanjut usia di PSLU Kasiyan dan di Desa Mayang berdasarkan pengembangan precede proceed model. Kualitas hidup adalah parameter untuk mengetahui seberapa baik hidup seseorang adalah. Ini adalah penelitian cross sectional yang melakukan untuk mengetahui perbedaan kualitas hidup antara lansia yang tinggal di PSLU Kasiyan dan Desa Mayang. Responden adalah 60 - elderlys berusia 75 tahun yang memiliki kognitif yang baik dan utuh dan fungsi intelektual. Ada 66 lansia mengambil bagian dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui OPQoL instrumen dan dianalisis menggunakan independent t - test. Data menunjukkan bahwa sebagian besar lansia yang tinggal di desa Mayang memiliki kualitas hidup yang baik (75%) dan 56,7% lansia yang tinggal di PSLU Kasiyan memiliki kualitas ringan hidup. Independent t test menunjukkan p value 0,001 <α 0,05 berarti bahwa kualitas hidup lansia di desa Mayang dan lanjut usia yang tinggal di PSLU Kasiyan berbeda secara signifikan. Karena orang tua yang tinggal di komunitas memiliki lebih sedikit hilang daripada mereka yang tinggal di lingkungan keperawatan, itu membuat themhas kualitas hidup yang berbeda. Kata-kata kunci: lansia, kualitas hidup.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: lansia, kualitas hidup
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 618 Gynecology and Obstetric
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 13 Sep 2018 03:46
Last Modified: 18 Feb 2019 01:39
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/734

Actions (login required)

View Item View Item