Evaluasi Tingkat Kerusakan Perkerasan Lentur Berbasis Arcgis Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) Dan Penanganan Bina Marga

Widiyanto, Moch. Rizki (2019) Evaluasi Tingkat Kerusakan Perkerasan Lentur Berbasis Arcgis Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) Dan Penanganan Bina Marga. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
JURNAL MOCH. RIZKI WIDIYANTO.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8.Ringkasan atau Abstrack.pdf

Download (216kB)
[img] Text
14.BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
15.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
16.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
17.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
18.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
20.LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (29MB)

Abstract

Kerusakan perkerasan lentur pada ruas Jl. Udang Windu – Jl. Mujahir dengan panjang 3,5 km terdapat berbagai macam kerusakan seperti lubang, retakan, dan kegemukan disepanjang jalan tersebut. Hal ini menjadi penting untuk dilakukan penelitian guna mengevaluasi efektifitas fungsi jalan serta kenyamanan pengendara melewati jalan tersebut. Metode yang digunakan dalam survei ini adalah metode Pavement Condition Index (PCI). Survei ini memusatkan pada masalah-masalah yang ada pada saat sekarang, dengan keadaan kerusakan perkerasan jalan yang diteliti, dikumpulkan dan disusun, kemudian dianalisis dengan menggunakan prinsip-prinsip analisis Metode Pavement Condition Index (PCI). Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis rata-rata persentase kerusakan pada ruas Jl. Udang Windu – Jl. Mujahir Kec. Sukorambi Kab. Jember antara lain : Retak Buaya 48,83%, Retak Memanjang/Melintang 17,73%, Tambalan 12,04%, Lubang 10,37%, Kegemukan 6,35%, Amblas 2,68%, Alur 1%, Sungkur 0,67% dan Perpotongan Rel 0,33%. Nilai PCI rata-rata pada ruas jalan tersebut yaitu 53% yang termasuk dalam kategori Buruk (Poor). Dari hasil PCI yang didapat maka rekomendasi untuk penanganan kerusakan jalan yaitu pada kerusakan Sta. 1+600 s/d 3+500 menggunakan Metode Perbaikan Standar untuk Pemeliharaan Rutin Jalan Menurut Bina Marga 1995 yaitu P1 (Penebaran Pasir), P2 (Pengaspalan), P3 (Penutupan Retak), P4 (Pengisian Retak), P5 (Penambalan Lubang), dan P6 (Perataan). Dan pada kerusakan yang paling terendah ada pada Sta. 0+000 s/d 1+500 pada 1,5 km awal maka dilakukan perencanaan lapis tambahan (Overlay) dengan Metode Analisa Komponen Bina Marga 1987 dengan hasil 4 cm untuk lapis tambahan (Overlay) dengan Laston (MS. 590). Dari database yang sudah didapat maka selanjutnya mengintegrasikan data ke ArcGIS dalam ArcMap menggunakan Hyperlink yang ada pada toolbar tools pada Aplikasi ArcMap. Kegunaannya yang mempermudah untuk melihat setiap segmen pada ruas Jl. Udang Windu – Jl. Mujahir tinggal klik akan muncul Dokumentasi kerusakan dan hasil perhitungan serta rekomendasi penanganannya Menurut Bina Marga Kata kunci : Pavement Condition Index (PCI), Kerusakan Jalan, Penanganan Bina Marga, ArcGIS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 15 Dec 2020 03:25
Last Modified: 15 Dec 2020 03:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7354

Actions (login required)

View Item View Item