Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Berwirausaha (Studi kasus pada mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember)

Azzam, Hamzah (2016) Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Berwirausaha (Studi kasus pada mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember). Undergraduate Journal of Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Ekspektasi Pendapatan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember, (2) pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember. (3) Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember. (4) pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember. Objek penelitian ini adalah Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Jember angkatan 2012 – 2013 yang telah mengikuti mata kuliah kewirausahaan yang memiliki jumlah populasi 228 Mahasiswa. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu dimana penelitian ini tidak dilakukan pada seluruh populasi, tapi terfokus pada target. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan studi pustaka dan alat analisis yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) taraf signifikansi sebesar 0,019<0,05 hipotesis diterima, hal ini menunjukkan minat berwirausaha pada mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember. (2) taraf signifikansi sebesar 0,004<0,05 hipotesis diterima, hal ini menunjukkan bahwa semakin besar dukungan keluarga maka akan meningkatkan minat berwirausaha pada mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember. (3) taraf signifikansi sebesar 0,000<0,05 hipotesis diterima, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pemahaman mahasiswa tentang berwirausaha maka akan meningkatkan minat berwirausaha. (4) taraf signifikansi sebesar 0,000<0,05 hipotesis diterima, hal ini menunjukkan jika mahasiswa memiliki harapan yang besar mengenai pendapatan yang didapatkan dengan berwirausaha, dimana mahasiswa memiliki pemahaman yang baik tentang berwirausaha dan keluarga memberikan dukungan maka akan memnyebabkan terjadinya peningkatan minat berwirausaha pada mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember.

Item Type: Article
Additional Information: Hamzah Azzam (1210421015)
Uncontrolled Keywords: Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Berlian Eka Kurnia
Date Deposited: 07 Apr 2018 03:36
Last Modified: 07 Apr 2018 03:36
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item