Hubungan antara pembelajaran pendidikan agama islam dengan kecerdasan spiritual siswa SMK Muhammadiyah 4 Glenmore

Ratnasari, Giyanti (2018) Hubungan antara pembelajaran pendidikan agama islam dengan kecerdasan spiritual siswa SMK Muhammadiyah 4 Glenmore. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL GIYANTI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (515kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (514kB)
[img] Text
Bab 1 RF.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB II RF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB III RF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV RF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB V RF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
BAB VI RF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
Daftar Rujukan Rf.pdf

Download (111kB)
[img] Text
1.LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran adalah usaha bimbingan peserta didik dan menciptakan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar.Pendidikan agama islam adalah bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama (insan kamil). Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan untuk menghadapi dan memecah kanpersoalan makna dan nilai, yaitu kesadaran untuk menempatkan perilaku dan hidup dalam konteks makna yang lebihluas. Kecerdasan untuk mewarnai kehidupan bahwa jalan hidup lebih bermakna di bandingkan dengan yang lain. Dengan itu seseorang akan melakukan hal-hal yang positif dalam kehidupan sehari-hari dan mempunyai rasa keperdulian terhadap sesama teman. Masalah dalam penelitian iniadalah apakah ada hubungan antara pembelajaran pendidikan agama islam dengan kecerdasan spiritual siswa SMK Muhammadiyah 4 Glenmore. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 4 Glenmore. Prosedur penelitian yang dipakai adalah menggunakan prosedur penelitian Kuantitatif. Hasil penelitian yang dipakai adalah menggunakan program IBM SPSS Statistics 22 dengan rumus korelasi koefisien. Dengan menggunakan instrumen pengumpulan data metode angket atau kuesioner dengan jumlah butir pertanyaan masing-masing variabel 10 butir pertanyaan, yang telah diuji hasil validitas dan reliabilitasnya. Tujuan penelitian ini akan mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai penulis yaitu, untuk mengetahui hubungan antara pembelajaranpendidikan agama islam dengan kecerdasan spiritual. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai probabilitas 0,02 lebih kecil dari nilai probabilitas Sig atau (0.02< Sig), maka Ha ditolak dan Ho diterima artinya kurang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan agama islam memeiliki hubungan yang kurang signifikan dengan kecerdasan spiritual. Maka dari itu disarankan kepada lembaga sekolah maupun guru pengajar untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan mutu pelajaran yang mengarah pada aspek spiritualisme. Kata Kunci:Pendidikan Agama Islam Dengan Kecerdasan Spiritual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDNursyamsiyah, Sitinidn0706027901
UNSPECIFIEDPutra, Dhian Wahananidn#
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:12
Last Modified: 16 Dec 2020 04:12
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7413

Actions (login required)

View Item View Item