Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pembelajan Qur’an-Hadits Melalui Penerapan Model Pembelajaran Pakem Di Mts Tri Bakti Ajung Jember 2018

Rafitania, Indah (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pembelajan Qur’an-Hadits Melalui Penerapan Model Pembelajaran Pakem Di Mts Tri Bakti Ajung Jember 2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel.pdf

Download (829kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
1.ABSTRAK.pdf

Download (956kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Model Pembelajaran PAKEM digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Qur’an-Hadits, karena model Pembelajaran PAKEM lebih melibatkan peserta didik dan guru hanya sebagai fasilitator. Masalah penelitian nilai peserta didik yang rata-rata masih kurang memenuhi tarjed dengan pelajaran lainnya dan guru dalam menjelaskanya selalu monoton, sehingga membuat peserta didik jenuh dan bosan untuk mendengarkannya.. Peneliti bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Qur’an-Hadits setelah diterapkannya model pembelajaran PAKEM pada peserta didik kelas VIIA tahun pelajaran 2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juli 2018 pada peserta didik kelas VIIA semester II di MTs TRI BAKTI Jl. Semeru no 36 Ajung Jember Tahun Pelajaran 2018. Jenis peneliian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah merekapitulasi tes formatif dan observasi. Data yang dikumpulkan berupa lembar observasi aktivitas peserta didik selama proses belajar berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM dan hasil tes peserta didik pada saat pembelajaran telah selesai. Berdasarkan hasil peneliian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Qur’an-Hadits secara klasikal dari 27 peserta didik ada 22 peserta didik meningkat hasil belajarnya dan 5 peserta didik belum meningkat hasil belajaranya. Dari perhitungan data dapat diketahui peningkatan hasil belajar secara klasikal yang diperoleh 81% yang berarti peningkatan hasil belajar secara klasikal tercapai. Hal ini dapat disimpulakan model pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIIA semester II pada mata pelajaran Qur’an-Hadits di MTs Tri Bakti Ajung Jember 2018. Kata kunci : model membelajaran PAKEM, meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:35
Last Modified: 17 Dec 2020 02:35
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7417

Actions (login required)

View Item View Item