Pengaruh Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Terhadap Akhlak Siswa Di Sma Muhammadiyah 3 Jember

Sabila, Rusydina (2018) Pengaruh Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Terhadap Akhlak Siswa Di Sma Muhammadiyah 3 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
RUSYDINA SABILA-1410911021.pdf

Download (421kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (783kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan pada dasarnya merupakan upaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia supaya dapat menjadi manusia yang memiliki karakter dan dapat hidup mandiri. Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi pokok penelitian pada skripsi ini, apakah nilai-nilai pendidikan karakter dapat mewujudkan akhlak mulia? Membangun karakter dan watak bangsa melalui pendidikan mutlak diperlukan, bahkan tidak bisa ditunda. Pendidikan karakter dapat berjalan efektif dan berhasil apabila dilakukan secara integral dimulai dari lingkungan rumah tangga, sekolah dan masyarakat. Apabila nilai-nilai karakter tertanam dalam diri peserta didik maka akhlak mulia secara otomatis akan tercermin dalam perilaku peserta didik dalam kehidupan keseharian. Penelitian kuantitatif ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Prosedur penelitian yang dipakai adalah menggunakan prosedur penelitian Arikunto, analisis hasil penelitian yang dipakai adalah menggunakan program IBM SPSS Statistics 21 dengan rumus regresi sederhana. Dengan menggunakan instrumen pengumpulan data metode angket atau kuesioner dengan jumlah butir pertanyaan variabel X sebanyak 15 butir pertanyaan dan varbel Y sebanyak 10 pertanyaan, yang telah diuji hasil validitas dan reliabilitasnya. Tujuan penelitian ini akan mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai penulis yaitu, untuk mengetahui pengaruh antara nilai-nilai pendidikan karakter terhadap akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif non parametik dengan analisa data menggunakan product moment. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 93 siswa dengan margin eror 5 % menggunakan program IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian telah menunjukkan nilai validitas lebih dari 0,207 maka dinyatakan valid. Adapun reliabilitas variabel x memiliki nilai alpha 0,851 kategori tinggi, variabel y sebesar 0,693 masuk kategori sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai probabilitas 0,05 lebih besar dari nilai probabilitas Sig (0.000) atau (0.05 ≥ Sig), maka Hο ditolak dan Hα diterima artinya signifikan. Hal ini membuktikan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter mempunyai nilai yang signifikan terhadap akhlak siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter memiliki pengaruh yang signifikan dengan akhlak siswa. Maka dari itu disarankan kepada lembaga sekolah maupun guru pengajar hendaknya harus berupaya dalam menjaga atau meningkatkan nilai-nilai pendidikan karakter agar tujuan pendidikan instutisional maupun nasional dapat tercapai secara utuh dan sempurna Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Akhlak Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:21
Last Modified: 25 May 2021 05:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7422

Actions (login required)

View Item View Item