Implementasi Syari'ah Value Added Statement pada Bank Muamalat Indonesia Tbk

Muhasibi, Haris (2016) Implementasi Syari'ah Value Added Statement pada Bank Muamalat Indonesia Tbk. Undergraduate Journal of Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Laporan Nilai Tambah Syari’ah merupakan jenis laporan keuangan yang sesuai dengan tujuan dan karakteristik akuntansi syari’ah. Perkembangan laporan nilai tambah syariah berdasarkan perkembangan dari teori akuntansi syariah yaitu Syari’ah Enterprise Theory yang merupakan konsep teori dari akuntansi syariah. Pengukuran dan perhitungan serta distribusi nilai tambah berdasarkan dari reklasifikasi biaya yang dihasilkan pada laporan laba rugi serta kebijakan dari pembagian laba perusahaan. Laporan Nilai Tambah Syariah terdiri dari dua aktifitas antara lain aktifitas produktif dan aktifitas distributif. Aktifitas yang bersifat prouktif menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan nilai tambah. Pada sisi lain, aktifitas yang bersifat distribusi menunjukkan distribusi nilai tambah pada masing-masing stakeholders. Dengan menyajikan laporan nilai tambah syariah, kinerja perusahaan dievaluasi tidak hanya berdasarkan pencapaian laba bagi pemegang saham tetapi berdasarkan tanggung jawab perusahaan dalam mendistribusikan nilai tambah pada masing-masing stakeholders.

Item Type: Article
Additional Information: Haris Muhasibi (1310421125)
Uncontrolled Keywords: Laporan Nilai Tambah Syariah, Teori Enterprise Syariah, Konsep Ekuitas, Pihak yang berkepentingan
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Berlian Eka Kurnia
Date Deposited: 07 Apr 2018 03:45
Last Modified: 07 Apr 2018 03:45
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item