Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi Pembelajaran Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Jember Angkatan 2015

Karomah, Pragantara Ridho (2018) Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi Pembelajaran Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Jember Angkatan 2015. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (345kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (876kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (700kB)

Abstract

Kata Kunci : WhatsApp, Proses Belajar Mahasiswa. Penelitian ini didasari oleh besarnya pengaruh WhatsApp terhadap proses belajar karena semakin banyaknya pengguna aplikasi WhatsApp pada saat ini sehingga memaksa semua kalangan termasuk juga mahasiswa untuk memanfaatkan aplikasi tersebut, salah satunya untuk proses diskusi pembelajaran seperti apa yang peneliti tulis dikarya tulis ini. Memang banyak keuntungan yang telah dirasakan mahasiswa, maka dari itulah pengguna aplikasi ini semakin meningkat. Adapun masalah yang peneliti angkat yaitu tentang efektifitas pemanfaatan aplikasi WhatsApp sebagai sarana diskusi pembelajaran pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Jember angkatan 2015. Teori yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teori penggunaan dan kepuasan (Use and Gratification Theory), teori ini yang digagas oleh Elihu Katz, Jay G. Blumler dan Michael Gurevitch. Yang menjadi poin utama teori penggunan dan kepuasan adalah orientasi psikologis dalam memenuhi kebutuhan, motivasi, dan kepuasan pengguna media massa. Selanjutnya penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif melalui pendekatan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa diskusi pembelajaran menggunakan aplikasi WhatsApp sangat membantu para mahasiswa dalam meningkatkan semngat belajar, dalam artian aplikasi ini efektif digunakan mahasiswa untuk berbagi pendapat dan ilmu dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dosen karena semua mata kuliah yang mereka tempuh memiliki grup tersendiri. Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Jember angkatan 2015 juga menyarankan agar cara belajar ini dapat diteruskan oleh generasi penerus Program Studi Akuntansi walaupun kendala-kendala dalam berdiskusi menggunakan aplikasi ini sukar dihindari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 320 Political dan Government Science
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 28 Dec 2020 06:06
Last Modified: 28 Dec 2020 06:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7521

Actions (login required)

View Item View Item