Studi Komparasi Penggunaan Retaining Wall Beton Type Cantilever Wall dan dengan Perkuatan Geotextile (Studi Kasus pada Proyek Jalan Tol Mojokerto – Kertosono Sta.2+025)

Cahyanto, Adi Wahyu (2016) Studi Komparasi Penggunaan Retaining Wall Beton Type Cantilever Wall dan dengan Perkuatan Geotextile (Studi Kasus pada Proyek Jalan Tol Mojokerto – Kertosono Sta.2+025). Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf - Published Version

Download (659kB) | Preview

Abstract

Pengaplikasian geotekstil dalam pembangunan dinding penahan tanah merupakan salah satu pengembangan teknologi. Dinding penahan tanah adalah suatu bangunan yang dibangun untuk mencegah keruntuhan tanah yang curam atau lereng yang di bangun di tempat dimana kemantapannya tidak dapat dijamin oleh lereng tanah itu sendiri. Sedangkan geotextile sendiri ialah suatu bahan geosintesis berupa lembaran serat sintesis tenunan dengan tambahan bahan anti ultra violet. Penambahan lapis geotekstil pada lapisan tanah sirtu sering dipergunakan untuk mengatasi permasalahan pada struktur penahan tanah. Sebagai bahan studi diambil jalan tol yang menghubungkan antara Mojokerto dengan Kertosono. Adapun tujuannya yaitu mengetahui desain retaining wall dan geotextile yang memenuhi syarat stabilitas serta bagaimana efisiensi keduanya. Penulis menghitung existing yang ada kemudian merencanakan untuk meredesain dengan alternatif lain yang memenuhi syarat stabilitas. Penulis meredesain dengan trial and error dari retaining wall kemudian digunakan salah satu desain. Hasil perhitungan desain tidak memenuhi stabilitas maka penulis meredesain ulang dengan melakukan pemancangan. Setelah dinyatakan aman penulis membandingkan dengan meredesain alternatif lain menggunakan perkuatan geotextile. Kemudian meninjau efisiensi dalam segi RAB, usia guna proyek, serta pelaksanaan. Hasil perhitungan desain retaining wall (a) dan retaining wall (b) untuk faktor keamanan terhadap guling saja aman. Diambil desain retaining wall (a) dan untuk mendukung faktor keamanan dilakukan pemancangan. Sedangkan untuk geotextile menghitung angka keamanan lereng penulis menggunakan program XSTABL, perhitungan overall stability geotextile yaitu 7,396 > 1,25 (syarat angka keamanan terpenuhi). Pemasangan geotextile menggunakan 4 lapis agar memenuhi angka keamanan.

Item Type: Article
Additional Information: Adi Wahyu Cahyanto (1210611039)
Uncontrolled Keywords: Retaining Wall Beton, Cantilever Wall, Geotextile Woven
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 24 Sep 2018 06:54
Last Modified: 24 Sep 2018 06:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item View Item