Evaluasi Dampak Kinerja Lalu Lintas Pada Simpang Empat Tidar Pasca Operasional Jember Town Square (JETOS) Kabupaten Jember (Studi Kasus : Simpang Empat Tidar,Ruas Jalan Riau)

Febrianto, Mohammad Faris (2020) Evaluasi Dampak Kinerja Lalu Lintas Pada Simpang Empat Tidar Pasca Operasional Jember Town Square (JETOS) Kabupaten Jember (Studi Kasus : Simpang Empat Tidar,Ruas Jalan Riau). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK 1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (518kB)
[img] Text
D. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text
F. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
I. Lampiranaaaa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
J. JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persimpangan adalah bagian dari ruas jalan dimana arus diberbagai arah atau jurusan bertemu. itulah sebabnya di persimpangan terjadi konflik antara arus dari jurusan yang berlawanan dan memotong, sehingga mengakibatkan terjadinya kemacetan disepanjang lengan simpang. Simpang Tidar adalah simpang empat lengan yang tidak dilengkapi oleh sinyal lampu lalu lintas. Persimpangan Tidar adalah pertemuan empat arah lengan yaitu: lengan sebelah utara adalah Jl. Kaliurang, lengan sebelah Selatan adalah Jl. Riau, lengan sebelah barat adalah Jl. Mastrib dan lengan sebelah timur adalah Jl.Tidar. Simpang Tidar merupakan salah satu persimpangan yang cukup padat di kota Jember, Jember Town Square (JETOS) merupakan apartemen ekslusif, pertama dan satu-satunya di Kabupaten Jember, dengan konsep European Citywalk dengan mengintegrasikan bangunan ekslusif dengan mall, sehingga akan mengakibatkan terjadinya kepadatan volume lalu lintas di persimpangan Empat tidar. penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja simpang empat tidar berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indenesia(MKJI) 1997 dan mencari alternatif untuk memperbaiki simpang empat tidar. Evaluasi hasil penelitian bangkitan dan tarikan Jember Town Square menggunakan metode analogi bangunan pembanding Roxy Square Jember sebesar 119,376 smp/jam serta menunjukkan kinerja simpang pada kondisi Eksisting (COVID-19) lebih kecil daripada kondisi Normal(tanpa COVID-19) ,penurunan yang terjadi akibat pandemi COVID-19 sebesar 42% .hasil penelitian kondisi eksisting menunjukkan DS < 0,85 sedangkan hasil penelitian kondisi normal menunjukkan DS > 0,85 ,sehingga penerapan alternatif yang dapat dilakukan pada penelitian kondisi normal ini adalah menurunkan nilai hambatan samping,Pelebaran pada jalan mayor 6 meter dan pada jalan minor sebesar 5 meter serta melakukan pengaturan jalan searah pada jalan minor ( jalan Riau merupakan jalan keluar, dan dianggap bahwa arus lurus dari jalan kaliurang berubah belok kiri).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Simpang Tak Bersinyal, Kinerja Simpang , Simpang Empat Lengan, Penerapan Alternatif.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Sipil
Depositing User: FEBRIANTO MOHAMMAD FARIS
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorIrawati, Irawatinidn0702057001
Thesis advisorKuryanto, Totok Dwinidn0013086602
Contact Email Address: mffebrianto48@gmail.com
Date Deposited: 30 Dec 2020 01:21
Last Modified: 30 Dec 2020 01:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7562

Actions (login required)

View Item View Item