DESAIN DAN ANALISIS KEKUATAN MATERIAL PADA PERENCANAAN VELG CASTWHEEL TIPE WM DAN MT

farhan, bayu priandika (2021) DESAIN DAN ANALISIS KEKUATAN MATERIAL PADA PERENCANAAN VELG CASTWHEEL TIPE WM DAN MT. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. pendahuluan.pdf

Download (484kB)
[img] Text
b. abstraks.pdf

Download (1MB)
[img] Text
c. bab 1.pdf

Download (42kB)
[img] Text
d. bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
e. bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text
f. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
g. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text
h. daftar pustaka.pdf

Download (31kB)
[img] Text
i. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
j. jurnal.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemudahan dan kenyamanan dalam berkendara merupakan aspek utama untuk menunjang aktifitas sehari-hari, dengan semakin meningkatnya tingkat kepadatan kendaraan yang tidak didukung dengan kondisi jalan, sehingga aktifitas mode transportasi banyak beralih ke sepeda motor. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi saat berkendara terutama roda motor. Diantaranya tidak simetrisnya Velg atau bengkok ini dikarenakan kondisi Velg yang kurang mampu menahan beban sehingga kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara jadi terganggu. Velg merupakan salah satu komponen yang penting dalam kendaraan bermotor, yang fungsinya untuk menerima berat dan semua beban (gaya) vertical dan samping yang ditimbulkan oleh kondisi jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain perencanaan Velg Castwheel dan analisis perbandingan kekuatan material pada perencanaan Velg castwheel tipe WM dan MT berdasarkan simulasi dan evaluasi melalui Software. Dengan dua variasi material Alumunium Alloy 6063-T83 dan Alloy 7050-T73510 pada model Velg castwheel tipe WM dan MT dengan simulasi pembebanan statis menggunakan software. Hasil menunjukan bahwa Pada desain Velg castwheel tipe WM nilai tegangan maksimal terjadi dibidang antar spoke yaitu 89,534 MPa masih dalam batas aman dibawah nilai yield strength, nilai regangan maksimal terjadi pada material Aluminium alloy 6063-T83 yaitu 8,615x〖10〗^(-4) . nilai displacement maksimal 3,23 x 〖10〗^(-1). Sedangkan pada desain Velg castwheel tipe MT nilai tegangan maksimal terjadi dibidang antar spoke yaitu 48,598 MPa masih dalam batas aman dibawah nilai yieldstrength, nilai regangan maksimal dengan material Aluminium alloy 6063-T83 yaitu 3,382x〖10〗^(-4). nilai displacement maksimal 1,282 x 〖10〗^(-1). Hasil simulasi menunjukkan variasi material yang diberi beban statis dengan tekanan 2154 N berpengaruh pada nilai tegangan, regangan, dan displacement pada setiap model Velg castwheel tipe WM dan MT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design > 691 Building Material
600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design > 698 Detail Finishing
Depositing User: Farhan Bayu priandika
Date Deposited: 04 Jan 2021 01:01
Last Modified: 04 Jan 2021 06:44
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7581

Actions (login required)

View Item View Item