ANALISIS WACANA KRITIS PADA IKLAN KARYA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 GUMUKMAS JEMBER TAHUN AJARAN 2017/2018

Aprilia, Dini (2018) ANALISIS WACANA KRITIS PADA IKLAN KARYA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 GUMUKMAS JEMBER TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI FIX 1.pdf

Download (224kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
1.HALAM SAMPUL.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB I pendahulun.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
dini BAB II pendahuluan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
dini BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB III pendahuluan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
BAB IV pendahuluan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB V pendahuluan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
BAB 6 pendahuluan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
3.LAMPIRAN.pdf

Download (87kB)

Abstract

Kata Kunci: Wacana Kritis dan Iklan Analisis wacana kritis adalah sebuah upaya atau proses penguraian untuk memberi penjelasan dari sebuah teks yang akan dikaji oleh seseorang ataupun kelompok yang kecenderungannya mempunyai tujuan tertentu untuk memperoleh apa yang diinginkan. Pemilihan iklan sebagai objek penelitian dikarenakan kualifikasi yang dimiliki iklan sebagai representasi realitas sosial melalui sarana yang dinamakan wacana. Permasalahan yang muncul adalah (1)Bagaimanakah struktur makro wacana, (2)Bagaimanakah superstruktur wacana dan, (3)Bagaimanakah struktur mikro (semantik) wacana. Tujuan penelitian ini adalah (1)Mendeskripsikan struktur makro wacana, (2)Mendeskripsikan superstruktur wacana, (3)Mendeskripsikan struktur mikro (semantik) wacana. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 2 Gumukmas. Tempat penelitian di SMP 2 Gumukmas. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama, dan instrumen bantu berupa lembar kerja siswa. Data dalam penelitian dianalisis dengan mereduksi data terlebih dahulu, selanjutnya penyajian, dan yang terakhir, penarikan kesimpulan. Hasil analisis data ditemukan wacana kritis pada iklan karya siswa kelas VIII SMP 2 Gumukmas. Data wacana kritis diperoleh berdasarkan tiga tingkatan wacana menurut Van Dijk. Pertama, struktur makro merupakan makna global atau umum dari suatu teks, struktur ini terbagi menjadi tiga yaitu iklan informatif, persuasif, dan reminder. Kedua, superstruktur adalah kerangka suatu teks, kerangka yang dimaksud adalah bagian awal (Headline ), bagian tubuh iklan (Body ), dan bagian akhir (Close ). Ketiga, struktur mikro adalah makna wacana yang diamati dengan menganalisis kata, kalimat, anak kalimat atau parafrasa, pada struktur mikro ini, fokus utamanya dari segi semantik yang meliputi latar, detail, maksud dan, praanggapan. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah sebagian para siswa mampu membuat sebuah iklan yang sesuai dengan tingkatan wacana menurut Van Dijk. Data yang diperoleh, iklan yang paling dominan mudah ditemukan yaitu, struktur makro dan superstruktur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 05 Jan 2021 01:54
Last Modified: 05 Jan 2021 01:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7633

Actions (login required)

View Item View Item