PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP ISLAM MAYANGAN GUMUKMAS TAHUN AJARAN 2017/2018

Yusikawati, Dini (2018) PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP ISLAM MAYANGAN GUMUKMAS TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (653kB)
[img] Text
Abtrak-Indonesia-(1).pdf

Download (190kB)
[img] Text
01 Cover.pdf

Download (125kB)
[img] Text
02 Logo lengkap.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (82kB)
[img] Text
00 LAMPIRAN.pdf

Download (169kB)

Abstract

Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Menulis Puisi, Teknik Pembelajaran Mind Mapping Pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Islama Mayangan Gumukmas Tahun Ajaran 2017/2018, nilai dalam menulis puisi masih cenderung dibawah KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti bekerja sama dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk merencanakan tindakan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari peneliti ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Islam Mayangan Gumukmas Tahun Ajaran 2017/2018. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan setalah melakukan tindakan dalam pembelajaran dengan menggunakan teknik mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan PTK guna untuk memperbaiki mutu pembelajaran dikelas. PTK ini menggunakan model penelitian Kurt Luwin dengan menggunakan I siklus dalam penelitian. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik mind mapping. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Islam Mayangan Gumukmas, dengan jumlah siswa 32 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 kli pertemuan. Satu hari digunakan untuk pre-test pada tanggal jum’at, 27 April 2018, kemudian Rabu, 02 Mei 2018. Bertempatan di ruang kelas VIII SMP Islam Mayangan. Data dalam penelitian ini yang ditempuh melalui hasil observasi, hasil wawancara dan hasil tes. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes dan non tes. Hasil belajara yang diperoleh adalah hasil yang diperoleh sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pada pre-test hasil belajar yang diperoleh siswa adalah 55,93 dan pada siklus I nilai siswa menunjukan peningkatan lebih baik yaitu 81,25. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan adanya teknik mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII, dan perubahan partisipasi belajar siswa yang lebih positif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHuda, Tanzilnidn0723036803
UNSPECIFIEDSamsuri, Samsurinidn0705056605
Date Deposited: 05 Jan 2021 01:59
Last Modified: 05 Jan 2021 01:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7635

Actions (login required)

View Item View Item