TINDAK TUTUR DALAM PEMBELAJARAN TEKS NEGOISASI



PRADANA, FENDI (2018) TINDAK TUTUR DALAM PEMBELAJARAN TEKS NEGOISASI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Jurnal_Fendi.pdf] Text
Jurnal_Fendi.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Abstrak Indonesia.pdf] Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Pendahuluan.pdf] Text
Pendahuluan.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[thumbnail of 1. MATRIX.pdf] Text
1. MATRIX.pdf

Download (162kB)

Abstract

Kata kunci: tindak tutur, pembelajaran, teks, negoisasi.

Tindak tutur adalah gejala individual, bersifat psikologis dan
keberlangsungannya ditentukan oleh kemampuan bahasa si penutur dalam
menghadapi situasi tertentu. Tindak tutur lebih dilihat pada makna atau arti
tindakan dalam tuturannya. Teks ialah bahasa yang berfungsi atau bahasa yang
sedang melaksanakan tugas tertentu dalam konteks situasi. Pembelajaran
merupakan suatu proses atau cara yang dilakukan seseorang untuk menjadikan
atau mengubah dirinya dan/atau orang lain menjadi lebih baik. Negosiasi adalah
proses komunikasi yang dilakukan penutur dengan mitra tutur untuk memenuhi
mencapai kesepakatan yang dikehendaki.
Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana tindak
tutur dalam teks negosiasi? Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk
mendeskripsikan tindak tutur dalam teks negoisasi dan faktor yang
mempengaruhinya. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Sasaran penelitian
ini adalah siswa dan guru yang terlibat aktif dalam pembelajaran di kelas.
Tempat penelitian ini di kelas X AK SMK Moch. Sroedji Jember pada
tanggal 28 Februari 2018. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa
observasi, perekaman, pencatatan, dan penguraian. Instrumen pengumpulan data
dari peneliti sendiri, sebagai instrumen utama, dan dibantu oleh rekaman, sebagai
instrumen pendukung. Kemudian, data dalam penelitian ini dianalisis
menggunakan metode Sudaryanto yaitu, pertama diuraikan berdasarkan jenis
satuan dasar. Kedua ditafsirkan satu persatu secara seksama. Ketiga dirangkum
secara katagorial. Keempat disimpulkan. Sedangkan yang kelima adalah
melakukan perkiraan wujud realitas barunya. Hal ini dilakukan jika
memungkinkan. Kemudian teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik
baca markah.
Hasil analisis data menunjukkan, terdapat 3 jenis tindak tutur dari interaksi
yang berlangsung dalam dan luar kelas. Tindak tutur yang dimaksud adalah tindak
tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Berdasarkan hasil tersebut, melalui 3 rekaman
(2 cuplikan video dan 1 rekaman) simpulan dari penelitian ini terdapat 10 tindak
tutur lokusi, 8 tindak tutur ilokusi, dan 4 tindak tutur perlokusi.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Mufaridah, Fitrotul
nidn0725097602

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:08
Last Modified: 05 Jan 2021 04:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7655

Actions (login required)

View Item View Item