TINDAK TUTUR DALAM PEMBELAJARAN TEKS NEGOISASI

PRADANA, FENDI (2018) TINDAK TUTUR DALAM PEMBELAJARAN TEKS NEGOISASI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Jurnal_Fendi.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
1. MATRIX.pdf

Download (162kB)

Abstract

Kata kunci: tindak tutur, pembelajaran, teks, negoisasi. Tindak tutur adalah gejala individual, bersifat psikologis dan keberlangsungannya ditentukan oleh kemampuan bahasa si penutur dalam menghadapi situasi tertentu. Tindak tutur lebih dilihat pada makna atau arti tindakan dalam tuturannya. Teks ialah bahasa yang berfungsi atau bahasa yang sedang melaksanakan tugas tertentu dalam konteks situasi. Pembelajaran merupakan suatu proses atau cara yang dilakukan seseorang untuk menjadikan atau mengubah dirinya dan/atau orang lain menjadi lebih baik. Negosiasi adalah proses komunikasi yang dilakukan penutur dengan mitra tutur untuk memenuhi mencapai kesepakatan yang dikehendaki. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana tindak tutur dalam teks negosiasi? Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tindak tutur dalam teks negoisasi dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah siswa dan guru yang terlibat aktif dalam pembelajaran di kelas. Tempat penelitian ini di kelas X AK SMK Moch. Sroedji Jember pada tanggal 28 Februari 2018. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, perekaman, pencatatan, dan penguraian. Instrumen pengumpulan data dari peneliti sendiri, sebagai instrumen utama, dan dibantu oleh rekaman, sebagai instrumen pendukung. Kemudian, data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode Sudaryanto yaitu, pertama diuraikan berdasarkan jenis satuan dasar. Kedua ditafsirkan satu persatu secara seksama. Ketiga dirangkum secara katagorial. Keempat disimpulkan. Sedangkan yang kelima adalah melakukan perkiraan wujud realitas barunya. Hal ini dilakukan jika memungkinkan. Kemudian teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik baca markah. Hasil analisis data menunjukkan, terdapat 3 jenis tindak tutur dari interaksi yang berlangsung dalam dan luar kelas. Tindak tutur yang dimaksud adalah tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Berdasarkan hasil tersebut, melalui 3 rekaman (2 cuplikan video dan 1 rekaman) simpulan dari penelitian ini terdapat 10 tindak tutur lokusi, 8 tindak tutur ilokusi, dan 4 tindak tutur perlokusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMufaridah, Fitrotulnidn0725097602
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:08
Last Modified: 05 Jan 2021 04:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7655

Actions (login required)

View Item View Item