Pengaruh Menggunakan Teknik Three Step Interview pada Prestasi Menulis Siswa

Putri, Kiki Aprilia Ananda (2018) Pengaruh Menggunakan Teknik Three Step Interview pada Prestasi Menulis Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (414kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (554kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB 1-6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Teknik Three Step Interview adalah jenis teknik pembelajaran kooperatif yang diimplementasikan untuk siswa kelas tujuh di MTs Baitul Hikmah karena menulis salah satu keterampilan yang paling penting dalam keberhasilan pendidikan tetapi juga salah satu keterampilan yang paling kompleks untuk dikuasai. Kemudian, peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggunakan Three Step Interview terhadap prestasi menulis siswa. Ini mencoba untuk menyelidiki apakah siswa yang diajar dengan menggunakan teknik Three Step Interview memiliki hasil yang lebih baik dalam menulis teks deskriptif daripada siswa yang diajar dengan metode ceramah atau tidak. Penelitian ini tergolong penelitian quasi-eksperimental. Subyek penelitian ini adalah 35 siswa kelas tujuh MTs Baitul Hikmah. Menelitu menggunkan dua kelompok yaitu Kelompok Eksperimental dan Kontrol diberi tes menulis untuk mengukur prestasi menulis mereka. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan memberikan pre-test dan post-test fokus pada penulisan teks deskriptif. Setelah data diuji dan ditemukan varians homogen dan distribusi data normal, hipotesis diuji menggunakan Independent Sample T-test pada SPSS Versi 23 menunjukkan bahwa nilai signifikan adalah 0,003. Nilai tersebut lebih rendah dari tingkat signifikansi 5% yang berarti bahwa Hipotesis Null (H0) ditolak. Jadi, Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Dari hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunakan teknik Three Step Interview pada prestasi menulis siswa di MTs Baitul Hikmah pada tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Teknik Three Step Interview, Prestasi Menulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric
800 Literature and Rhetoric > 807 Education and Research of Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of English Literature Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 05 Jan 2021 06:30
Last Modified: 05 Jan 2021 06:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7668

Actions (login required)

View Item View Item