PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PENGUMUMAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ELEMEN INKUIRI PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 PAKUSARI

Putra Hidayat, Hans Christian (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PENGUMUMAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ELEMEN INKUIRI PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 PAKUSARI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (490kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB--I_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB--II_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB--III_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB--IV_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-0.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
BAB--V_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-0.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB--VI_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-0.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Teks Pengumuman, Pendekatan Kontekstual Elemen Inkuiri Keterampilan menulis sebagai salah satu cara berkomunikasi dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam menyampaikan maksud kepada orang lain atau pembaca dengan menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar . Menulis teks pengumuman bertujuan untuk menyampaikan maksud atau pesan berupa pemberitahuan dengan menggunakan bahasa sebagai alatnya kepada pembaca atau orang lain. Realita di sekolah menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kemampuannya dalam menulis teks pengumuman belum sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) nilai 70. Pemilihan metode dan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran merupakan hal penting yang perlu dipikirkan oleh guru agar mampu membawa siswa lebih aktif dan produktif. Pendekatan kontekstual elemen inquiri merupakan sebuah pendekatan yang dapat dijadikan sebuah alternative dalam penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual elemen inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks pengumuman pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Pakusari Tahun Pelajaran 2017/2018?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan penggunaan pendekatan kontekstual elemen inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks pengumuman pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Pakusari Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Pakusari Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran siklus II dibandingkan dengan siklus I. Dari 40 siswa, yang mencapai KKM 62.50% (25 siswa) meningkat menjadi 87.50% (35 siswa) dengan nilai rata-rata 68.20 pada siklus I naik menjadi 76.63 pada siklus 2. Dengan demikian telah terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 25.00% dan nilai rata-rata sebesar 8,43.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 08 Jan 2021 01:03
Last Modified: 08 Jan 2021 01:03
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7705

Actions (login required)

View Item View Item