Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Gulma di Kebun Kopi Rakyat dan Tegalan yang Berpotensi sebagai Pangan Alternatif di Dusun Sumbercandik Desa Panduman Kabupaten Jember

Syahputra, Harsen Nur (2018) Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Gulma di Kebun Kopi Rakyat dan Tegalan yang Berpotensi sebagai Pangan Alternatif di Dusun Sumbercandik Desa Panduman Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL (1).pdf

Download (804kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (355kB)
[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text
15. BAB 1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
16. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
17. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
18. BAB IV baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
20. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keanekaragaman adalah berbagai macam jenis perbedaan dan persamaan tumbuhan. Perbedaan dan persamaan tumbuhan dapat ditinjau dari bentuk morfologi tumbuhan yang dapat dilihat dari tingkatan ordo, famili, hingga tingkatan spesies. Keanekaragaman tumbuhan terdiri dari identifikasi dan inventarisasi. Tumbuhan gulma adalah tumbuhan liar yang dianggap pengganggu pada tanaman budidaya, karena mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan budidaya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah keanekaragaman jenis tumbuhan gulma yang berpotensi sebagai pangan alternatif serta analisisnya sebagai sumber belajar biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis tumbuhan tumbuhan gulma yang berpotensi sebagai pangan alternatif dengan mengidentifikasi dan menginventarisasi serta analisisnya sebagai sumber belajar biologi. Penelitian di lakukan di Dusun Sumbercandik, Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember. Jenis Penelitian ini merupakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik sampling Purposive Sampling dan metode garis berpetak. Penempatan petak dibagi ke dalam 4 stasiun dengan stasiun 1 & 2 di Kebun Kopi Rakyat serta stasiun 3 & 4 di Tegalan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, mengidentifikasi, dokumentasi, mengiventarisasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah tumbuhan gulma yang berpotensi pangan alternatif, dan instrumen pendukung. Teknik analisis data adalah mendeskripsikan tumbuhan hasil dari mengidentifikasi dan mengiventarisasi dengan cara mencari indeks nilai penting dan mengetahui faktor abiotik. Berdasarkan hasil penelitian, tumbuhan gulma yang berpotensi pangan alternatif ditemukan berjumlah 7 spesies, 7 genus, 5 family dan 5 ordo. Tumbuhan gulma berpotensi pangan alternatif yang dominan adalah Centella asiatica Urb. dengan jumlah 249 jenis dengan indeks nilai penting tertinggi yaitu 70%, sedangkan yang terendah adalah Melastoma polyanthum dengan presentase 10%. Faktor abiotik sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan gulma diantaranya pH tanah yang ditemukan dengan rata-rata 6,42, dengan rata-rata suhu 310C, kelembapan udara 54%, dan intensitas cahaya 81175 Lux. Analisis sebagai sumber belajar dilakukan dengan menggunakan kurikulum 2013 revisi. Hasil analisis diketahui bahwa penelitian ini dapat dijadikan sumber belajar Biologi dalam Kompetensi Dasar 3.8 dan 4.8 pada mata pelajaran Biologi di SMA/MA. Kata Kunci: Keanekaragaman jenis, tumbuhan gulma, potensi pangan alternatif, sumber belajar biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDAkhmadi, Arief Noornidn#
UNSPECIFIEDPriantari, Ikanidn0715018301
Date Deposited: 08 Jan 2021 04:20
Last Modified: 08 Jan 2021 04:20
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7734

Actions (login required)

View Item View Item