PENGARUH PENAMBAHAN ECO RACING PADA VARIASI BAHAN BAKAR TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR BENSIN 4 TAK 160 CC

muhammad, lutfi (2021) PENGARUH PENAMBAHAN ECO RACING PADA VARIASI BAHAN BAKAR TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR BENSIN 4 TAK 160 CC. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (613kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
j. JURNAL.pdf

Download (186kB)

Abstract

Berkembangnya teknologi otomotif yang saat ini menjadikan teknologi kendaraan yang semakin berkembang. Termasuk dalam perkembangan ini adalah dengan menjaga kualitas dari bahan bakar yang dipakai oleh pengendara khususnya sepeda motor salah satunya dengan penambahan zat aditif pada bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan performa motor terhadap penambahan eco racing pada variasi bahan bakar, dengan melakukan pengujian daya dan torsi. Pengujian penambahan eco racing pada variasi bahan bakar ini diuji pada motor bensin 4 tak 160 cc dengan menggunakan dynotest, yang terhubung dengan komputer akan mencatat grafil hasil perubahan daya dan torsi. Hasil penelitian menunjukkan daya bahan bakar premium yaitu sebesar 10 HP pada putaran mesin 8000 rpm. Sedangkan premium eco racing daya yaitu sebesar 8,9 HP pada putaran mesin 7500 rpm. Sedangkan pertalite daya yaitu sebesar 11,0 HP pada putaran mesin 8000 rpm. Sedangkan pertalite eco racing daya yaitu sebesar 9,2 HP pada putaran mesin 7500 rpm. Sedangkan torsi maksimum yang dihasilkan oleh bahan bakar premium yaitu sebesar 10,02 NM pada putaran mesin 6500 rpm. Sedangkan premium eco raing torsi yaitu sebesar 10,23 NM pada putaran mesin 5000 rpm. Sedangkan torsi maksimum pertalite yaitu sebesar 11,22 NM pada putaran mesin 6000 rpm. Sedangkan pertalite eco racing torsi yaitu sebesar 9,96 NM pada putaran mesin 5500 rpm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design
Department: S1 Teknik Mesin
Depositing User: MOHAMMAD LUTFI
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisornely, ana mufaridanidn0022047701
Thesis advisorkosjoko, kosjokonidn0715126901
Contact Email Address: loodtspands@gmail.com
Date Deposited: 08 Jan 2021 06:35
Last Modified: 08 Jan 2021 06:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7740

Actions (login required)

View Item View Item