muhammad, lutfi (2021) PENGARUH PENAMBAHAN ECO RACING PADA VARIASI BAHAN BAKAR TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR BENSIN 4 TAK 160 CC. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
a. Pendahuluan.pdf Download (613kB) |
|
Text
b. ABSTRAK.pdf Download (81kB) |
|
Text
c. BAB I.pdf Download (84kB) |
|
Text
d. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text
e. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text
f. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text
g. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) | Request a copy |
|
Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
|
Text
i. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
j. JURNAL.pdf Download (186kB) |
Abstract
Berkembangnya teknologi otomotif yang saat ini menjadikan teknologi kendaraan yang semakin berkembang. Termasuk dalam perkembangan ini adalah dengan menjaga kualitas dari bahan bakar yang dipakai oleh pengendara khususnya sepeda motor salah satunya dengan penambahan zat aditif pada bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan performa motor terhadap penambahan eco racing pada variasi bahan bakar, dengan melakukan pengujian daya dan torsi. Pengujian penambahan eco racing pada variasi bahan bakar ini diuji pada motor bensin 4 tak 160 cc dengan menggunakan dynotest, yang terhubung dengan komputer akan mencatat grafil hasil perubahan daya dan torsi. Hasil penelitian menunjukkan daya bahan bakar premium yaitu sebesar 10 HP pada putaran mesin 8000 rpm. Sedangkan premium eco racing daya yaitu sebesar 8,9 HP pada putaran mesin 7500 rpm. Sedangkan pertalite daya yaitu sebesar 11,0 HP pada putaran mesin 8000 rpm. Sedangkan pertalite eco racing daya yaitu sebesar 9,2 HP pada putaran mesin 7500 rpm. Sedangkan torsi maksimum yang dihasilkan oleh bahan bakar premium yaitu sebesar 10,02 NM pada putaran mesin 6500 rpm. Sedangkan premium eco raing torsi yaitu sebesar 10,23 NM pada putaran mesin 5000 rpm. Sedangkan torsi maksimum pertalite yaitu sebesar 11,22 NM pada putaran mesin 6000 rpm. Sedangkan pertalite eco racing torsi yaitu sebesar 9,96 NM pada putaran mesin 5500 rpm.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design | |||||||||
Department: | S1 Teknik Mesin | |||||||||
Depositing User: | MOHAMMAD LUTFI | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | loodtspands@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 08 Jan 2021 06:35 | |||||||||
Last Modified: | 08 Jan 2021 06:37 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7740 |
Actions (login required)
View Item |