PENGARUH PENAMBAHAN ECO RACING PADA VARIASI BAHAN BAKAR TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR BENSIN 4 TAK 160 CC



muhammad, lutfi (2021) PENGARUH PENAMBAHAN ECO RACING PADA VARIASI BAHAN BAKAR TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR BENSIN 4 TAK 160 CC. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of a. Pendahuluan.pdf] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of b. ABSTRAK.pdf] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of c. BAB I.pdf] Text
c. BAB I.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of d. BAB II.pdf] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of e. BAB III.pdf] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[thumbnail of f. BAB IV.pdf] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of g. BAB V.pdf] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB) | Request a copy
[thumbnail of h. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of i. LAMPIRAN.pdf] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of j. JURNAL.pdf] Text
j. JURNAL.pdf

Download (186kB)

Abstract

Berkembangnya teknologi otomotif yang saat ini menjadikan teknologi kendaraan
yang semakin berkembang. Termasuk dalam perkembangan ini adalah dengan
menjaga kualitas dari bahan bakar yang dipakai oleh pengendara khususnya
sepeda motor salah satunya dengan penambahan zat aditif pada bahan bakar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan performa motor terhadap
penambahan eco racing pada variasi bahan bakar, dengan melakukan pengujian
daya dan torsi. Pengujian penambahan eco racing pada variasi bahan bakar ini
diuji pada motor bensin 4 tak 160 cc dengan menggunakan dynotest, yang
terhubung dengan komputer akan mencatat grafil hasil perubahan daya dan torsi.
Hasil penelitian menunjukkan daya bahan bakar premium yaitu sebesar 10 HP
pada putaran mesin 8000 rpm. Sedangkan premium eco racing daya yaitu sebesar
8,9 HP pada putaran mesin 7500 rpm. Sedangkan pertalite daya yaitu sebesar 11,0
HP pada putaran mesin 8000 rpm. Sedangkan pertalite eco racing daya yaitu
sebesar 9,2 HP pada putaran mesin 7500 rpm. Sedangkan torsi maksimum yang
dihasilkan oleh bahan bakar premium yaitu sebesar 10,02 NM pada putaran mesin
6500 rpm. Sedangkan premium eco raing torsi yaitu sebesar 10,23 NM pada
putaran mesin 5000 rpm. Sedangkan torsi maksimum pertalite yaitu sebesar 11,22
NM pada putaran mesin 6000 rpm. Sedangkan pertalite eco racing torsi yaitu
sebesar 9,96 NM pada putaran mesin 5500 rpm.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
nely, ana mufarida
nidn0022047701
Dosen Pembimbing
kosjoko, kosjoko
nidn0715126901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design
Depositing User: MOHAMMAD LUTFI | loodtspands@gmail.com
Date Deposited: 08 Jan 2021 06:35
Last Modified: 08 Jan 2021 06:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7740

Actions (login required)

View Item View Item