PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN DENGAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) SISWA KELAS VIII B SMPN 4 SILIRAGUNG BANYUWANGI

Lestari, Puji (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN DENGAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) SISWA KELAS VIII B SMPN 4 SILIRAGUNG BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (145kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (410kB)

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan Menulis Pantun, Metode STAD Menulis merupakan kegiatan untuk menyatakan pikiran, perasaan pendapat dalam bahasa tulis sehingga dapat dipahami oleh pembaca. Untuk dapat menulis dengan baik dibutuhkan keterampilan menulis. Keterampilan ini juga tidak dapat dikuasai hanya melalui pemaparan teori. Sesesorang bisa terampil menulis jika sejak kecil dibiasakan berlatih dan praktek dengan sungguh-sungguh .berkiatan dengan pantun seseorang akan terampil menulis pantun jika terbiasa praktek dan berlatih sejak kecil.Permasalahaan yang timbul dalam pembelajaran menulis pantun dapat disiasati menggunakan metode pembelajaran berupa STAD. Metode ini digunakan dalam pembelajaran menulis pantun mampu membuat siswa lebih memusatkan perhatian dan tidak merasa jenuh selama pembelajaran berlangsung. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sasaran pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPN 4 Siliragung Banyuwangi. Tempat penelitian ini di SMPN 4 Siliragung Banyuwangi. Teknik Pengumpulan data adalah teknik tes, observasi, dan wawancara. Intrumen penelitian ini berupa Tes dengan soal-soal uraian.Hasil penelitian ini terdapat dua siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Kriteria kekuksesan pada penelitian ini menggunakan kriteria kesuksesan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa melalui metode STAD. Dalam Penelitian Tindakan Kelas dari jumlah siswa secara keseluruhan 100% memperoleh >70 dapat dikategorikan tuntas. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan penelitian ini adalah Metode STAD dapat meningkatkan Menulis Pantun siswa Kelas VIII B SMPN 4 Siliragung Banyuwangi. Hal ini dibuktikan bahwa pada hasil prasiklus berjumlah 48%, siklus I berjumlah 50% sedangkan siklus II berjumlah 74%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHanafi, Hanafinidn0015086701
UNSPECIFIEDDzarna, Dzarnanidn0701028802
Date Deposited: 11 Jan 2021 02:20
Last Modified: 11 Jan 2021 02:20
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7750

Actions (login required)

View Item View Item