Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar (Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Jember Sub Pokok Bahasan Memahami Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem Tahun Pelajaran 2016/2017)

Safitri, Yuni Eka (2018) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar (Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Jember Sub Pokok Bahasan Memahami Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (257kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Jember didapatkan informasi bahwa presentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa hanya mencapai 35,2% atau belum mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan serta kurangnya partisipasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas (VII A SMP Muhammadiyah 1 Jember sub pokok bahasan memahami saling ketergantungan dalam ekosistem). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa terutama dalam ranah kognitif dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) pada siswa (kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Jember sub pokok bahasan memahami saling ketergantungan dalam ekosistem). Penelitian ini dilaksnakan di SMP Muhammadiyah 1 Jember di kelas VII A yang dilaksanakan pada tanggal 29 April – 17 Mei 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas soal tes akhir siklus untuk mendapatkan data hasil belajar kognitif siswa dan lembar observasi untuk mendapatkan data partisipasi siswa. Hasil penilitian menunjukan partisipasi dan hasil belajar kognitif siswa. Ketuntasan partisipasi siklus I mencapai rata-rata 63,3 dan siklus II mencapai rata-rata 85. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siklus I 41,2% dan siklus II 82,35%. Demikian dapat disimpulkan dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar kognitif siswa di Kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Jember Sub Pokok Bahasan Memahami Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem). Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together (NHT), Partisipasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 11 Jan 2021 02:41
Last Modified: 11 Jan 2021 02:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7757

Actions (login required)

View Item View Item