Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berstandar NCTM (National Council Of Teacher Of Mathematics) Pada Pokok Bahasan Perbandingan

Fatoni, Fikriawan (2018) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berstandar NCTM (National Council Of Teacher Of Mathematics) Pada Pokok Bahasan Perbandingan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (590kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

LKS adalah salah satu media belajar yang digunakan sebagai pelengkap buku teks utama yang berisi serangkaian pertanyaan yang berurutan tentang konsep atau aplikasi materi pembelajaran yang mengarahkan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas. Dalam penelitian ini, dikembangkan LKS Berstandar NCTM. NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) adalah sebuah organisasi guru dan pendidik matematika di Amerika Serikat. Pada bulan April tahun 2000, NCTM mengeluarkan prinsip-prinsip dan standar matematika sekolah. Prinsip-prinsip pembelajaran menurut NCTM adalah prinsip kesetaraan, prinsip kurikulum, prinsip pengajaran, prinsip pembelajaran, prinsip penilaian, dan prinsip teknologi. Sedangkan standar pembelajaran menurut NCTM terdiri dari standar isi dan standar proses. Standar proses terdiri dari lima standar yaitu pemecahan masalah, penalaran dan bukti, komunikasi, koneksi, dan representasi. Lima standar proses tersebut yang dimunculkan pada LKS yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Dengan subjek uji cobanya adalah siswa kelas VII-D SMP Terpadu Madinatul Ulum. Model pengembangan LKS yang digunakan adalah model 4-D (four D Model) yang dimodifikasi menjadi 3D dikarenakan subjek terbatas dalam 1 kelas saja yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (Develop). Dalam penelitian ini 3 tahap dilaksanakan hingga menghasilkan sebuah produk yaitu LKS berstandar NCTM pokok bahasan perbandingan untuk SMP kelas VII. LKS I divalidasi kemudian direvisi hingga diperoleh draft II LKS yang siap diujicobakan. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas LKS hingga dihasilkan draft akhir. Kualitas LKS yang dihasilkan tersebut akan dianggap baik jika memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil validasi LKS tersebut, diperoleh tingkat kevalidan LKS sebesar 4,58 dengan kategori valid. Setelah LKS divalidasi, LKS tersebut diujicobakan pada subjek uji coba. Dari hasil uji coba diperoleh data respon siswa dan hasil tes hasil belajar siswa. Dari persentase angket respon siswa diperoleh persentase kepraktisan LKS berstandar NCTM sebesar 87,2%. Hal ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan dengan interpretasi baik. Hasil tes belajar siswa menunjukkan 85% siswa mampu mencapai tingkat penguasaan materi minimal sedang atau mampu mencapai minimal skor 60. Dengan demikian LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Perbandingan, dan NCTM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 12 Jan 2021 01:48
Last Modified: 12 Jan 2021 01:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7786

Actions (login required)

View Item View Item