Mukti, Galuh Wahyuning (2018) Analisis Proses Berfikir Siswa Autis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Komunikasi Matematis di SLB Negeri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (402kB) |
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (433kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (302kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (302kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah mendeskripsikan proses berfikir siswa autis pada saat menyelesaikan masalah matematika, karena pada saat menyelesaikan masalah siswa akan memunculkan suatu ide, sehingga proses berfikir tersebut akan muncul ketika siswa menghadapi suatu masalah. Hal ini dilakukan sebagai upaya memahami dan mendalami bagaimana proses berfikir siswa autis. Selain itu, untuk mengetahui proses berfikir yang dilihat dari kemampuan siswa autis dalam mengekspresikan ide-ide yang dimiliki ke dalam bentuk matematika, sehingga siswa autis mampu menggunakan kemampuan komunikasi matematis dengan benar. Komunikasi metematis yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunkasi matematis secara tulis. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses berfikir siswa autis dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari komunikasi matematis? Terdapat tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan proses berfikir siswa autis dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari komunikasi matematis di SLB Negeri Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pelaksanaan penelitian yaitu pada 24 Juli 2018 di kelas IX autis SLB Negeri Jember. Dalam penelitian ini menggunakan 3 metode pengumpulan data diantaranya, observasi, wawancara, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh proses berfikir siswa autis yang ditinjau dari komunikasi matematika dan teori Suryabrata bahwa siswa autis hanya mampu memenuhi 2 komponen dari 3 komponen menurut teori Suryabrata. Komponen yang dipenuhi yaitu komponen pertama dan komponen kedua. Komponen pertama yaitu pembentukan pengertian dan komponen kedua yaitu pembentukan pendapat. Sedangkan pada komponen ketiga yaitu pembentukan kesimpulan, siswa autis kesulitan dalam menyimpulkan hasil dari pekerjaanya, karena beluh terbiasa dan kurang latihan dalam menyimpulkan suatu hal. Kemudian siswa autis kurang maksimal dalam mengekspresikan ide yang mereka miliki ke dalam bentuk komunikasi matematis, karena pada saat menyelesaikan soal siswa menggunakan penjumlahan biasa untuk mendapatkan hasil. Kesimpulan penelitian ini adalah siswa autis hanya memenuhi dua komponen proses berfikir yaitu pembentukan pengertian dan pembentukan pendapat. Kemudian siswa autis juga belum maksimal dalam mengekspresikan ide-ide yang mereka miliki ke dalam bentuk komunikasi matematis. Karena pada saat menyelesaikan soal siswa menggunakan penjumlahan biasa untuk mendapatkan hasil. Kata kunci: Proses berfikir, siswa autis, komunikasi matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2021 02:37 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jan 2021 02:37 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7794 |
Actions (login required)
View Item |