Pengaruh Metode Generative Learning Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Pokok Bahasan Kubus Dan Balok SMP Negeri 1 TangguL

Asnawi, Imam (2018) Pengaruh Metode Generative Learning Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Pokok Bahasan Kubus Dan Balok SMP Negeri 1 TangguL. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL IMAM ASNAWI.pdf

Download (481kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (707kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
7 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik kurang kreatif dan terlalu pasif dalam kegiatan proses pembelajaran. Model pembelajaran yang sudah sering digunakan sehingga sulit untuk mencapai kreativitas dan keberhasilan peserta didik. Masalah dalam penelitian Ini adalah (1) apakah terdapat pengaruh metode Generative Learning terhadap kreativitas peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tanggul? (2) apakah terdapat pengaruh metode Generative Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tanggul?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap kreativitas dengan menggunakan Generative Learning (2) untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap hasil belajar dengan menggunakan Generative Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design dengan desain One Grup Pre-test Post-test Design. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 05 Mei sampai 14 Mei 2018 di kelas VIII C SMP Negeri 1 Tanggul. Peneliti menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh tingkat kemampuan berfikir kreatif peserta didik adalah tidak kreatif, kurang kreatif, cukup kreatif, kreatif dan sangat kreatif. Pada hasil tes setelah dilakukan analisis regresi linier sederhana didapatkan untuk kreativitas peserta didik Fhitung = 335,008 > Ftabel = 4,20 dan untuk hasil belajar Fhitung = 160,455 > Ftabel = 4,20. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode Generative Learning terhadap kreativitas peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tanggul dan terdapat pengaruh metode Generative Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tanggul. Kata Kunci: Metode Generative Learning, Kreativitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDJatmikowati, Tri Endangnidn0029125901
UNSPECIFIEDJalil, Abdulnidn3511172903950003
Date Deposited: 12 Jan 2021 03:10
Last Modified: 12 Jan 2021 03:10
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7801

Actions (login required)

View Item View Item