PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDENGARKAN POKOK BERITA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (STAD) PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AJUNG JEMBER TAHUN AJARAN 2017/2018

Vikriyah, Zuhrotul (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDENGARKAN POKOK BERITA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (STAD) PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AJUNG JEMBER TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (804kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (951kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)

Abstract

Kata Kunci : Mendengarkan Pokok Berita, Strategi Pembelajaran Kooperatif (STAD) Mendengarkan pokok berita adalah menyimak serta menemukan pokok-pokok berita (5W+1H) dalam berita yang didengar. Mendengarkan berita adalah menyimak laporan atau pemberitahuan mengenai kejadian atau peristiwa yang baru saja terjadi, disampaikan oleh wartawan melalui media massa dengan menggunakan kata-kata dan sering juga disertai dengan gambar. Setelah mendengarkan atau menyimak berita pendengar diharapkan bisa menemukan pokok-pokok berita yang telah didengar yaitu (1) what: peristiwa tersebut mengenai apa, (2) where : di mana tempat kejadiannya, (3) when : kapan kejadian peristiwa, (4) who : siapa yang terlibat, (5) why : mengapa peristiwa itu terjadi, (6), how : bagaimana proses terjadinya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi pembelajaran kooperatif (STAD) dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan pokok berita pada siswa kelas VIII SMPN 1 Ajung Tahun Ajaran 2017/2018 dan bagaimanakan strategi pembelajaran kooperatif (STAD) dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ajung Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sasaran dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Ajung Tahun Ajaran 2017/2018. Data dalam penelitian ini berupa hasil observasi, hasil tes dan hasil wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dengan tes dan non tes. Hasil yang diperoleh ialah hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkannya tindakan. Pada prasiklus hasil belajar siswa yang diperoleh yaitu siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 12 siswa (32%), pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat 19 siswa (51%), dan pada siklus II meningkat menjadi 37 siswa (100%). Kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah Strategi Pembelajaran Kooperatif (STAD) dapat meningkatnya hasil belajar siswa pada materi mendengarkan atau menemukan pokokpokok berita setelah diterapkannya tindakan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif (STAD). Partisipasi belajar siswa pada siklus I meningkat 19% dari prasiklus dan siklus II meningkat 49% dari siklus I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHanafi, Hanafinidn0015086701
UNSPECIFIEDSamsuri, Samsurinidn0705056605
Date Deposited: 12 Jan 2021 03:40
Last Modified: 12 Jan 2021 03:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7806

Actions (login required)

View Item View Item