Analisis Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita dengan Menggunakan Tahapan Polya

Safitri, Lilin (2018) Analisis Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita dengan Menggunakan Tahapan Polya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (349kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (285kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Penalaran matematis, soal Cerita, pemecahan masalah Polya, luas permukaan kubus dan balok. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah khususnya siswa SMP Negeri 1 Banyuglugur. Padahal jika siswa bisa memecahkan masalah matematika, itu berarti siswa dapat dikatakan mampu bernalar dengan baik. penalaran sangat penting dimiliki oleh siswa guna untuk menyelesaikan soal matematika karena tidak semua soal matematika berupa pertanyaan yang bisa langsung dijawab, akan tetapi berupa pertanyaan yang perlu dianalisis terlebih dahulu seperti soal cerita. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan tahapan Polya?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskrisikan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan tahapan Polya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 15 Mei 2018 hingga 17 Mei 2018 di kelas VIII A SMP Negeri 1 Banyuglugur. Peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data diantaranya, yaitu metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh adalah subjek dengan penalaran matematis tinggi pada saat menyelesaikan soal cerita menggunakan tahapan polya, untuk soal nomor 1 mampu memenuhi 5 indikator penalaran matematis. untuk soal nomor 2 mampu melewati 6 indikator penalaran matematis dan melewati 1 indikator matematis yaitu manipulasi matematika. Untuk soal nomor 3 dan 4 mampu memenuhi 6 indikator penalaran matematis. Subjek dengan penalaran sedang pada saat menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan tahapan Polya, untuk soalnomor 1 mampu memenuhi 5 indikator penalaran matematis. Untuk soal nomor 2 tidak mampu memenuhi semua indikator penalaran matematis. Untuk soal nomor 3 dan 4 mampu memenuhi 5 indikator penalaran matematis dan melewati 2 indikator penalaran matematis yaitu manipulasi matematika, memeriksa kesahihan argumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDEurika, Novynidn0014117901
UNSPECIFIEDFirdaus, Hana Puspita Ekanidn0714069002
Date Deposited: 12 Jan 2021 06:22
Last Modified: 12 Jan 2021 06:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7814

Actions (login required)

View Item View Item