MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA USIA 4-5 TAHUN DI TK /KB AL IKHLAS
Anggraeni, Ayu Septi (2018) MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA USIA 4-5 TAHUN DI TK /KB AL IKHLAS. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Artikel.pdf Download (461kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (167kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (272kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Karakter Disiplin.Ular Naga
Karakter adalah pembentukan watak anak dengan mengacu pada
serangkaian sikap seperti perilaku, motivasi, dan keterampilan. Dengan begitu
membentuk karakter pada anak dapat melalui dengan melatih perilaku anak setiap
harinya, dengan memberikan motivasi pada anak agar anak dapat merubah
perilakunya.
Ular Naga adalah permainan yang dimainkan oleh anak-anak mulai dari
anak TK-SD, permainan ular naga ini terdiri dari 5-10 anak. Anak-anak biasanya
memainkannya saat libur sekolah atau sehabis pulang sekolah. Saat bermain ada lagu
dan dialog yang akan dimainkan. Permainan Ular naga ini dapat meningkatkan
karakter disiplin anak saat akan bermain.
Masalah penelitian yang ingin dipecahkan melalui kegiatan adalah
ApakahMelalui bermain Ular naga Dapat Meningkatkan Karakter Disiplin Pada Anak
Kelompok A di Tk/Al IKHLAS Jember Tahun Ajaran 2017-2018. Penelitian
dilakukan untuk mengethaui apakah kemampuan disiplin anak kelompok A dapat
meningkat melalui permainan Ular naga sekaligus untuk mengembagkan karakter
disiplin anak setiap harinya.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan
dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas anak dan hasil pembelajaran
disekolah.
Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa karakter disiplin
anak melalui Ular naga dapat berkembang secara optimal. Hai ini dibuktikan dengan
adanya peningkatan belajara dimana pada siklus I mendapat prosentase 75%
sedangkan pada siklus II, yang mendapat prosentase 90% , sehingga sudah memenuhi
ketuntasan klasikal. Hal ini berarti kegiatan Ular naga dapat meningkatkan
karakter Disiplin anak Kelompok Bermain di TK AL-IKHLAS Jember tahun anjaran
2017-2018.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKUNSPECIFIEDJatmikoati, Tri Endangnidn#UNSPECIFIEDKusumaningtyas, Nuraininidn0721108101
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 06:21 |
Last Modified: | 12 Jan 2021 06:21 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7815 |
Actions (login required)
View Item |