Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Sub Pokok Bahasan Luas, Keliling, Persegi dan Persegi Panjang di Kelas VII SMP Nuris Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Sari, Mega Purnama (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Sub Pokok Bahasan Luas, Keliling, Persegi dan Persegi Panjang di Kelas VII SMP Nuris Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel PDF.pdf

Download (771kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah paradigma pembelajaran matematika yang masih didominasi oleh pembelajaran matematika konvesional dan penguasaan matematika yang masih sangat kurang. Rendahnya penguasaan matematika siswa SMP tercermin nilai UNBK tahun 2016/2017. Berdasarkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dari data hasil UN SMP 2016/2017 menunjukkan bahwa terjadi penurunan nilai UNBK pada mata pelajaran matematika dari tahun 2016 ke tahun 2017. Berdasarkan survey .BSNP 2015 menunjukkan daya serap kemampuan materi bangun datar pada tingkat nasional tergolong rendah pada materi Geometri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan model pembelajaran ekspositori pada sub pokok bahasan luas, keliling, persegi dan persegi panjang di kelas VII SMP Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan model pembelajaran ekspositori pada sub pokok bahasan luas, keliling, persegi dan persegi panjang di kelas VII SMP Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018 . Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 08 sampai 16 mei 2018 di SMP Nuris Jember di kelas VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan 2 tahap yaitu analisis awal dan analisis hipotesis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan model pembelajaran ekspositori pada sub pokok bahasan luas, keliling, persegi dan persegi panjang di kelas VII SMP Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018. Dari penelitian ini dapat disarankan penelitian selanjutnya untuk menggunakan teknik pengambilan sampel secara random agar semua anggota dalam populasi mendapatkan kesempatan yang sama menjadi subjek penelitian dan disarankan untuk mencari sampel yang satu kelas terdiri dari siswa perempuan dan laki-laki. Kata Kunci: Student Facilitator And Explaining, Hasil Belajar Matematika Siswa, Luas dan Keliling Persegi dan Persegi Panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 14 Jan 2021 02:33
Last Modified: 08 Mar 2021 08:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7832

Actions (login required)

View Item View Item