Fasrija, Moh. Rifki (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Subpokok Bahasan Persegipanjang Dan Persegi Kelas VII SMP PGRI 2 Tempurejo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
artikel.pdf Download (419kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (600kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (470kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (296kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah guru masih menggunakan metode ceramah di mana metode itu mengakibatkan siswa kurang tertarik dalam pembelajaran matematika, cepat merasa bosan, takut dalam berpendapat atau bertanya, dan pasif dalam pembelajaran. Salah satu upaya mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa VII SMP PGRI 2 Tempurejo. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kritis pada subpokok bahasan persegipanjang dan persegi kelas VII PGRI 2 Tempurejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh antar model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kritis pada subpokok bahasan persegipanjang dan persegi kelas VII PGRI 2 Tempurejo. Jenis penelitian ini yaitu penelitian ekspermen, metode penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data diantaranya, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini diperoleh nilai signifikan = 0.003 dengan nilai α=0,05/2=0,025. Dikarenakan nilai signifikan 0,000 < 0,025, maka Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kritis pada subpokok bahasan persegipanjang dan persegi kelas VII PGRI 2 Tempurejo. KATA KUNCI : talking stick, berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2021 02:48 | |||||||||
Last Modified: | 14 Jan 2021 02:48 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7833 |
Actions (login required)
View Item |