Analisis Proses Berpikir Kritis dan Self-confidence dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif (Reflektif dan Fast-accurate)

Lutviana, Evi (2018) Analisis Proses Berpikir Kritis dan Self-confidence dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif (Reflektif dan Fast-accurate). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (637kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (471kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dari hasil wawancara peneliti dengan bidang studi matematika didapatkan informasi bahwa di dalam proses pembelajaran sering kali ditemui siswa kurang meningkatkan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah. Pada umumnya siswa dapat mengerjakan soal dengan benar dan baik, tetapi belum menerapkan sikap kritisnya saat dihadakan pada soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini didasarkan karena siswa masih dalam proses peralihan dari masa SD ke masa SMP. Berdasarka teori perkembangan Piaget anak SMP belum sepunuhnya berpikir abstrak dalam pembelajarannya, kehadiran benda-benda kongkrit masih diperlukan. Namun pada masa SMP ini anak sudah mulai dapat menerapkan pola pikir yang dapat mengiringinya untuk memahami dan memecahkan masalah. Berdasarkan fakta tersebut peneliti bermaksud melakukan penelitian“Analisis Proses Berpikir Kritis dan Self-confidence dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif (Reflektif dan Fast-accurate)”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 7 Mei 2018 untuk pengambilan sampel. Kemudian untuk tes selanjutnya dilakukan dua kali tes berpikir kritis dengan jangka waktu satu minggu dari tes pertama. Tes pertama berpikir kritis dilakukan pada tanggal 9 Juni 2018 dan tes kedua dilakukan pada tanggal 16 Juni 2018 jam 7.30. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu: obsevasi, metode tes, wawancara dan dokumentasi. Intrumen tes dalam penelitian ini, yaitu intrumen pendukung I (MFFT dan Tes Berpikir Kritis), instumen pendukung II (Pedoman Wawancara), instrumen pendukung III (Pedoman Pengamatan Self-confidence), instrumen pendukung IV (Alat Perekam).Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini, yaitu menggunakan triangulasi waktu dan diskusi teman sejawat. Pada pengambilan sampel ini peneliti menggunakan instrumen tes gaya kognitif yang telah dirancang dan dikembangkan oleh Warli (2010) yang telah teruji validitas dan reabilitasnya yaitu MFFT (Matching Familiar Figure Test). Tetapi peneliti hanya mengambil dua kelompok gaya kognitif saja yaitu gaya kognitif reflektif dan fast-accurate dari dua sabjek ini dilakukan tes berpikir kritis (TBK 1) dan tes kedua berpikir kritis (TBK 2). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kedua sabjek ini sudah memenuhi sumua indilator berpikir kritis dan self-confidence dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan fast-accurate. Kata kunci: Berpikir Kritis, Self-cinfidence, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif (reflektif dan fast-accurate).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDEurika, Novynidn0014117901
UNSPECIFIEDGalatea, Chusnul Khotimahnidn0729018802
Date Deposited: 14 Jan 2021 03:00
Last Modified: 14 Jan 2021 03:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7835

Actions (login required)

View Item View Item