Analisis Berpikir Kritis Siswa Yang Mempunyai Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Berdasarkan Gender

Hidayani, Nur (2018) Analisis Berpikir Kritis Siswa Yang Mempunyai Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Berdasarkan Gender. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel.pdf

Download (164kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (386kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya kemampuan berpikir kritis yang seharusnya dimiliki oleh siswa. Kemampuan berpikir kritis berguna untuk mempertimbangkan dan menentukan keputusan atau kesimpulan mengenai informasi-informasi yang relevan dalam menyelesaikan masalah matematika. Pada dasarnya siswa memiliki kecenderungan yang berbeda-beda dalam menyelesaikan masalah matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah perbedaan gender. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan ukuran otak maupun cara kerjanya yang memungkinkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa yang mempunyai kecerdasan logis matematis tinggi berdasarkan gender. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa yang mempunyai kecerdasan logis matematis tinggi berdasarkan gender. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Pelaksanaan penelitian ini adalah 20 April 2018 dan 26 April 2018 di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Peneliti menggunakan beberapa metode penelitian diantaranya adalah wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes berpikir kritis, pedoman wawancara, alat perekam, dan lembar validasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa berpikir kritis siswa perempuan dan laki-laki yang mempunyai kecerdasan logis matematis tinggi mampu memenuhi 4 dari 5 indikator berpikir kritis, yaitu pada indikator memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, dan memberikan penjelasan lanjut. Siswa perempuan dan laki-laki belum mampu memenuhi indikator kelima, yaitu mengatur strategi dan taktik karena belum mampu memberikan alternatif lain untuk menyelesaikan soal, sehingga dapat disimpulkan bahwa subjek perempuan dan subjek laki-laki tidak memiliki perbedaan yang signifikan dalam berpikir kritis. Kata Kunci: berpikir kritis, kecerdasan logis matematis tinggi, gender.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 14 Jan 2021 03:54
Last Modified: 14 Jan 2021 03:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7840

Actions (login required)

View Item View Item