Analisis Proses Berfikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Wallas

Septiyaningrum, Putri Nadia (2018) Analisis Proses Berfikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Wallas. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel.pdf

Download (376kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
PENDAHULAN.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya bahwa kreatifitas seorang siswa dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang kurang diperhatikan. Selama ini, hanya mengutamakan logika dan kemampuan komputasi sehingga kreatifitas di anggap bukanlah suatu hal yang pentiing dalam proses belajar mengajar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses berfikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan tahapan wallas. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 21 Mei 2018 di kelas VIIA SMP Negeri 1 Tanggul. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data diantarannya, yaitu metode tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa dalam proses berfikir kreatif siswa itu berbeda-beda. Dimana siswa dalam kategori kreatif bisa melewati tahapan wallas dengan baik, siswa dalam kategori kurang kreatif ada salah satu tahapan yang tidak dapat dilewati yaitu terdapat pada tahapa iluminasi, dan untuk siswa dalam kategori tidak kreatif tidak bisa melewati tahapan wallas dengan baik, dikarenakan hampir semua tahapan wallas tidak dapat dilewati diantaranya pada tahap iluminasi, dan verifikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah proses berfikir kreatif siswa dalam memecahkan masaah pada kategori yang berbeda-beda maka proses siswa dalam memecahkan masalahpun juga berbeda-beda pada setiap tahapan. Kata Kunci: Berfikir Kreatif, Pemecahan Masalah, Tahapan Wallas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:26
Last Modified: 14 Jan 2021 04:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7844

Actions (login required)

View Item View Item