Wati, Retno (2018) Analisis Kesalahan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaiakan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (487kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (377kB) |
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (162kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (290kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan koneksi matematis siswa dalam menghubungkan atau mengaitkan antar-topik dalam satu materi, topik antar-materi dalam matematika, dan matematika dengan dunia nyata atau kehidupan sehari-hari. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kesalahan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu 3 siswa kelas VIII B SMPI Roudlotul Ulum Randuagung yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi peneliti, soal tes, dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematis tinggi melakukan kesalahan koneksi matematis yaitu tidak menentukan nilai diameter menggunakan operasi hitung aljabar secara sistematis, kesalahan prosedural. Siswa berkemampuan matematis sedang melakukan kesalahan koneksi matematis yaitu tidak menuliskan prosedur yang sesuai dengan konsep keliling lingkaran, tidak dapat menentukan banyak lampu menggunakan konsep perbandingan, salah menggunakan prosedur yang sesuai dengan konsep, salah menggunakan konsep, tidak mampu membuat model, kesalahan operasi hitung, salah mensubstitusikan nilai variabel, kesalahan prosedural. Siswa berkemampuan matematis rendah melakukan kesalahan koneksi matematis yaitu tidak menuliskan prosedur yang sesuai untuk mencari keliling lingkaran, tidak dapat menentukan jari-jari lingkaran menggunakan operasi hitung aljabar secara sistematis, tidak dapat menentukan banyak lampu menggunakan konsep perbandingan, salah mensubstitusikan nilai variabel, salah menggunakan konsep, kesalahan operasi hitung, asal dalam menjawab, tidak mampu membuat model, kesalahan prosedural. Kata Kunci: koneksi matematis, masalah kontekstual, kemampuan matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2021 04:32 | |||||||||
Last Modified: | 14 Jan 2021 04:32 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7845 |
Actions (login required)
View Item |