MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AMANAH KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015

Putri Sari, Dinniar (2018) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AMANAH KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
caver skripsi.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
Lampiran skripsi.pdf

Download (218kB)

Abstract

Kata Kunci : Kreativitas, Finger Painting Finger Painting digunakan untuk meningkatkan kreativitas anak dalam melukis dengan menggunakan jari tangan karena di sinilah anka mampu mengekspresikan diri pada karya seni atau lembar kerja dengan baik Masalah penelitian yang ingin di pecahkan melalui kegiatan ini adalah “ bagaimana meningkatkan kreativitas anak melalui tehnik bermain finger painting pada anak kelompok A di TK Amanah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember pada tahun ajaran 2014-2015?” penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah tehnik finger panting dapat meningkatkan kreativitas anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi,pedoman wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas anak selama kegiatan finger painting berlangsung. Hasil atau tugas siswa, hasil wawancara dengan guru kelompok A. Dari observasi studi pendahuluan diperoleh hasil bahwa kemampuan anak kelompok A dalam melukis dengan jari ditemukan 4 dari 16 anak yang mendapat bintang tiga, atau baru baru mencapai 25% dari 16 anak. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan anak kelompok A dalam melukis dengan menggunakan jari mengalami peningkatan mencapai 43,75% atau 7 dari 16 anak yang mencapai bintang tiga. Tetapi hasil siklus I belum memenuhi syarat keberhasilan karena belum mencapai 75%. Setelah dilakukan tindakan siklus II, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti pada siklus II, secara klasikal telah tercapai. Karena kemampuan anak kelompok A dalam melukis dengan menggunakan jari yang mendapat bintang tiga mencapai 87,50%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 15 Jan 2021 01:50
Last Modified: 15 Jan 2021 01:50
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7853

Actions (login required)

View Item View Item