Puspitarini, Shinta Dwi (2018) Analisis Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Artikel.pdf Download (595kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (561kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (279kB) |
|
Text
BAB I ..pdf Download (447kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Salah satu ilmu dalam pendidikan yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari adalah matematika. Matematika memiliki peranan penting yang tidak bisa ditinggalkan baik pada tingkatan SD sampai perguruan tinggi, masalah yang dihadapi dunia pendidikan yaitu masalah lemahnya proses pembelajaran termasuk pembelajaran matematika. Saat pembelajaran matematika, anak hanya ditekankan hanya menghafal informasi yaitu rumus – rumus matematika tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya dan menghubungkannya dalam kehidupan sehari – hari. Hal ini menghambat tumbuhnya nalar dan kreativitas dalam diri siswa. Permasalahan yang muncul dari latar belakang masalah adalah bagaimanakah tingkatan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan pemahaman konsep matematika pokok bahasan segi empat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan tingkatan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan pemahaman konsep matematika pokok bahasan luas segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII E. Tempat penelitian di MTs Negeri 5. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode tes, metode wawancara dan metode dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti selaku instrumen pertama, dan instrumen pendukung berupa soal uji coba, soal kreativitas siswa, dan lembar validasi. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan diantaranya dari TBK 0 – 4 ternyata 9 subjek penelitian kelas VII E MTs Ngeri 5 Jember hanya memnuhi pada TBK 1(Kurang kreatif), TBK 2(Cukup kreatif) dan TBK 3(Kreatif). Berdasarkan hasil tersebut, kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan pemahaman konsep ternyata sangat mempengaruhi, semakin tinggi pemahaman konsep matematika maka semakin tinggi pula TBK yang ia miliki. Kata kunci: kreativitas, memecahkan masalah matematika, pemahaman konsep matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2021 02:23 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2021 02:23 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7856 |
Actions (login required)
View Item |